• Berita Terbaru

    December 15, 2022

    elnusanews/com December 15, 2022

    Kunjungi Kota Bitung, Moeldoko Ajak Semua Elemen Atasi Ancaman Global


    BITUNG,Elnusanews - Pemerintah Kota Bitung menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Staf Kepresiden RepubIik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, S.I.P bertempat di Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung (PPS), Kota Bitung, Kamis (15/12/2022).

    Kunjungan Kerja di Kota Bitung ini sehubungan dengan pelaksanaan monitoring dan evaluasi Program Prioritas Nasional Bidang Kemaritiman serta diskusi dengan Para Pelaku Usaha Perikanan dan Nelayan. 


    Moeldoko, dalam sambutanya menyampaikan bahwa saat ini kita sedang menghadapi krisis Global. Yang pertama Krisis terahadap pangan, kedua Krisis Energi, dan ketiga Krisis Keuangan Global. Untuk itu, saya hadir di Kota Bitung dalam upaya monitoring berbagai Program Pemerintah Pusat. Sektor Perikanan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pangan. 

    "Saat ini Pemerintah Pusat sedang bekerja ekstra demi turunnya angka kemiskinan ekstrem. Tiga strategi yang dilakukan pertama adalah mengurangi biaya pengeluaran masyarakat. seperti contoh, Pasar Murah yang dilakukan ataupun subsidi BBM dan lainya. Yang kedua meningkatkan pendapatan masyarakat. contohnya insentif oleh Pemerintah Pusat kepada UMKM. Dan yang ketiga memperbaiki Infrastruktur,"kata Moeldoko. 

    Sementara Itu, Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri pun dalam sambutanya mengatakan, bahwa kota Bitung merupakan sentra perikanan nasional, dengan karakteristik dan struktur komponen industri perikanan seperti proses eksploitasi berupa penangkapan/ berburu (hunting), Komoditas utama tct dengan Unggulan Ikan Cakalang, Industri primer yang berkembang penangkapan, pengolahan, dan perdagangan untuk tujuan ekspor, kelompok pelaku nelayan kecil, nelayan industri, pengusaha kapal tangkap, pengusaha pengolah ikan, jasa usaha pendukung. 

    "Saat ini melalui kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Bitung, telah berjalan program Outlet Dekat Sarana Kelautan (ODSK);"katanya.

    Dengan tujuan dalam rangka mempermudah dan memaksimalkan pelayanan perijinan bersama untuk sektor perikanan di kota Bitung.

    "Nah untuk pengurusan izin kapal 30 gt kini bisa dilakukan di kantor Dinas Perikanan Kota Bitung yang sebelumnya harus dilakukan di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara yang berkedudukan di Kota Manado,"pungkasnya. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kunjungi Kota Bitung, Moeldoko Ajak Semua Elemen Atasi Ancaman Global Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top