• Berita Terbaru

    April 15, 2015

    elnusanews/com April 15, 2015

    Humiang Terima Kunjungan Bapeten

    Humiang pimpin rapat kunjungan Bapeten.
    BITUNG, Elnusanews - Sekertaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang MSi didampingi Asisten I Setda kota Bitung Fabian Kaloh SIP MSi dan Asisten II Salma Hasjim SE. Menerima kunjungan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) di Ruang Rapat Setda kota Bitung Selasa (14/4).

    Menurut Humiang kunjungan kerja ini untuk melihat langsung situasi di Pelabuhan Peti Kemas terkait kesiapan Bitung menjadi International Hub Port (IHP) dimana Bapeten telah memasang Radiation Portal Monitor (RPM) yang akan segera dioperasikan dalam waktu dekat ini.

    Lanjutnya lagi fungsi 
    RPM mampu mendeteksi bahan nuklir dan zat radioaktif yang terdapat dalam kontainer, tanpa perlu membuka kontainer terlebih dahulu.

    "Tidak semua pelabuhan di Indonesia telah memasang RPM, Bitung adalah salah satu yang terpilih selain Soekarno-Hatta Makasar, Tanjung Emas dan Semarang karena masuk dalam skala Prioritas oleh Bapeten, mengingat kedepannya akan ada pembangunan KEK ," tutur Humiang.

    Ia pun menuturkan bahwa RPM yang ada di pelabuhan Peti Kemas Bitung belum dioperasikan karena Bapeten masih melakukan pelatihan khusus untuk operator alat tersebut. 

    "Saat ini Bapeten masih melakukan pelatihan kepada belasan operator di PT Pelindo IV cabang Bitung yang dipersiapkan menjadi pengawas sejumlah container barang impor yang masuk di pelabuhan Bitung ," tutupnya.

    Selain untuk pengawasan, tim Bapeten yang dipimpin oleh Sekrtaris Umum Drs. Hendrijanto menjelaskan bahwa  pemanfaatan nuklir di Indonesia selama ini beragam seperti di bidang kesehatan, industri, dan energi ," ujar Hendrijanto.   (REGO)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Humiang Terima Kunjungan Bapeten Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top