• Berita Terbaru

    April 21, 2015

    elnusanews/com April 21, 2015

    Humiang : Bitung Tetap Langsungkan Pemilukada 2015

    Sekertaris daerah Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi.
    BITUNG, Elnusanews - Pemerintah Kota Bitung optimis dan memastikan Kota Bitung siap menuntaskan Anggaran dan melangsungkan Pemilukada yang akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang. 

    Hal diatas diutarakan Sekretaris Kota Bitung Drs Edison Humiang, MSi setelah menghadiri Rapat Koordinasi tentang pembahasan kesiapan angagaran Pemilukada yang digelar di Kementerian Dalam Negeri Jakarta. Senin 20/4, kemarin.

    Ditambakan, sesuai arahan Dirjen untuk mengantisipasi ketidaksiapan daerah tersebut, bisa melakukan pergeseran anggaran-anggaran yang tidak wajib untuk dialihkan dalam proses Pilkada, sebagai contoh dana bantuan sosial.

    Lanjutnya, saat ini pemkot sedang berupaya melakukan pergeseran anggaran dimana sekarang tim Anggaran Pemkot akan melihat lagi dana yang tersisa sesuai UU tentang penyusunan APBD. Untuk itu Pemkot menyarankan agar kemendagri bisa mengeluarkan regulasi payung hukum untuk memberikan jaminan dalam upaya mengisi kekurangan danan tersebut.

    " Tentunya dari hasil Rakor Pemilukada akan didilaporkan kepada Walikota Bitung dan nantinya akan ditindaklanjuti dimana anggaran Fiskal untuk Kota Bitung sementara ini kurang lebih 4 Miliar, sedang dana yang diperlukan berkisar 23 Miliar , " jelas Huming.

    Sementara, Direktur Jenderal (Dirjen) Keuangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Reydonnyzar Moenek mengatakan, tidak ada alasan untuk daerah tidak menganggarkan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2015. Hal tersebut dilontarkan, karena mengacu pada UU No 8 Tahun 2015, juga Permendagri 37 Tahun 2014 tentang pedoman penyusunan APBD TA 2015 juga surat edaran kemendagri tanggal 9 April Tahun 2015 tentang dana Pilkada.

    " Dalam upaya melengkapi anggaran Pilkada tentunya yang wajib dulu penuhi, baru boleh lakukan tindakan berhibah dan berbansos, kita minta itu diefisienkan,” kata Dony.

    Memang bagi daerah yang belum siap, Kemendagri akan memberikan arahan bagaimana cara untuk menggesernya, sehingga daerah bisa menganggarkannya.

    " Intinya kami tetap optimistis kalau itu persoalan anggaran bisa dicarikan solusinya dan juga memastikan kepala daerah sudah siap anggaran dasarnya tinggal dilengkapi ," Dony. (REGO)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Humiang : Bitung Tetap Langsungkan Pemilukada 2015 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top