• Berita Terbaru

    April 21, 2015

    elnusanews/com April 21, 2015

    TP-PKK Kota Bitung Gelar Tes IVA

    Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Josephin Sondakh Taroreh foto bersama saat kegiatan gerakan deteksi kanker leher rahim. 
    BITUNG, Elnusanews - Dalam rangka memperingati hari Kartini, Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Josephin Sondakh Taroreh bersama wakil ketua TP-PKK Kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung bersama ketua DWP Kota Bitung Ny. Telly Humiang Muhaling menghadiri pelaksanaan kegiatan gerakan Deteksi Kanker Leher Rahim (Servik) dengan Tes IVA gratis yang merupakan program kerja oase kabinet kerja di Kota Bitung kegiatan ini bertempat di Puskesmas Aertembaga Kota Bitung, Selasa (21/4).


    Ny. Josephin Sondakh Taroreh menyampaikan kegiatan ini merupakan program kerja dari ibu negara RI ibu Iriani Widodo yang dilaksanakan secara berjenjang dari pusat sampai ke daerah dan untuk tingkat propinsi oleh PKK dan dibantu Dinas Kesehatan serta Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

    " Perempuan itu harus sehat dan berkualitas untuk itu harus memperhatikan kesehatan organ wanitanya, untuk itu TP-PKK Kota Bitung mensosialisasikan pentingnya gerakan cegah kanker dengan deteksi dini , " Ucap Josephin Sondakh.

    Deteksi Kankers Leher Rahim (servik) dengan metode IVA (Inpeksi Visual dengan asam asetat) merupakan cara sederhana mendeteksi kanker servik sedini mungkin. 
    Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining alternatife dari pap smear karena biasanya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi. 

    Tujuan tes IVA untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan dan untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada leher rahim. Syarat mengikuti tes IVA diantaranya: sudah pernah melakukan hubungan seksual, tidak sedang datang bulan/haid, tidak sedang hamil dan 24 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual. (REGO)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: TP-PKK Kota Bitung Gelar Tes IVA Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top