• Berita Terbaru

    February 02, 2023

    elnusanews/com February 02, 2023

    Acara Adat Tulude Desa Jayakarsa Berlangsung Meriah


    MINUT, Elnusanews-- Perayaan Tulude merupakan pesta adat masyarakat suku Nusa Utara sebagi wujud syukur penyembahan bagi sang pencipta atas berkat dan penyertaannya dari tahun yang lalu dan memohon penyertaannya di tahun yang baru ini.

    Pesta adat Tulude tersebut juga rutin dilakukan bagi masyarakat suku Nusa Utara yang telah lama berdomisili di wilayah Minahasa Utara, tepatnya di wilayah Likupang, sebagai bentuk tolak bala.


    Sama halnya desa Jayakarsa, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kamis (2/1/2023) sukses menggelar pesta adat Tulude dengan begitu meriah.

    Pada perayaan tersebut terdapat 3 kue adat Tamo yang menghiasi perayaan Tulude desa Jayakarsa di tahun 2023 ini.



    Dalam Perayaan ini, kue adat Tamo Raja diarak dari Balai Desa Jayakarsa menuju ke bangsal tempat acara adat berlangsung Acara kemudian dibuka dengan ibadah, dan seterusnya dilanjutkan dengan pemotongan kue adat Tamo.

    Bertindak sebagai Petua Adat, Juan yang juga sebagai eksekutor pemotong kue adat tamo raja dan pembaca doa, juga permohonan yang dipanjatkan untuk sang pencipta.

    Camat Likupang Barat (Likbar) Maikel M. Parengkuan SSTP menuturkan, Pemerintah Kabupaten sangat mengapresiasi dan bangga dengan perayaan sukuran Tulude desa Jayakarsa sehingga sukses digelar dan dapat terus dipertahankan.


    “Tulude merupakan budaya adat leluhur secara turun-temurun yang tetap harus kita semua jaga dan lestarikan. Sebab ini dapat mendukung kita Kabupaten Minut yang sudah ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas Premium yang ada di Likupang. Dengan mempertahankan budaya ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan nantinya,” beber Parengkuan.

    Sementara itu Hukum Tua Rivo R Rawung,S.IP dalam sambutannya menyampaikan banyak terimakasih kepada Tuhan karena atas penyertaannya, sehingga perayaan Tulude desa Jayakarsa dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

    “Terimakasih disampaikan untuk Pak  Camat dan ibu Sekcam yang sudah mengikuti perayaan acara adat Tulude desa Jayakrsa. Terimakasih juga untuk Anggota Dewan Arlens Pungus yang menyempatkan diri hadir di desa Jayakarsa. Terimakasih banyak juga untuk masyarakat yang mulai dari awal bersama membantu pemerintah desa dalam menyiapkan pesta adat Tulude ini sehingga sukses digelar,” kata Rawung dengan sangat terharu.

    Dalam acara pesta adat Tulude desa Jayakrsa dihadiri, Camat Likbar Maikel Parengkuan SSTP, Sekcam Likbar Liani Papia SE, Anggota Dewan Arlens Pungus, Ketua BPD Sun Sunmenda, Anggota BPD, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Pemerintah desa, Ketua dan masyarakat desa Jayakarsa. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Acara Adat Tulude Desa Jayakarsa Berlangsung Meriah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top