• Berita Terbaru

    March 11, 2019

    Elnusa News March 11, 2019

    Ruitang Sebut Pelaksana Dandes Ehe Keliru Ada Penyimpangan

    MINUT, Elnusanews -- Lansus Ruitang salah satu warga desa Ehe Kecamatan Liktim yang juga merupakan salah satu Kepsek SMP yang ada di desa Ehe mengkritik keras terkait penggunaan Dana Desa (Dandes) yang ada di Desa Ehe.

    Menurut Ruitang kepada sejumlah wartawan belum lama ini, jika pelaksanaan Dandes di desa Ehe ini agak keliru dan ada penyimpangan, karena tidak sesuai dengan harapan sehingga membuat masyarakat bukan berarti sejahtera tetapi membuat masyarakat itu seakan-akan ada perbedaan antara satu dengan yang lain.

    "Sebenarnya program presiden ini adalah pemberdayaan masyarakat dalam arti semua masyarakat dilibatkan dalam pekerjaan tetapi sekarang ini hanya dipilih siapa yang bekerja dan pelaksanaannya seperti diproyek yaitu diborong. Nah ini yang disalahi atau tidak menaati peraturan, sehingga membuat masyarakat kecewa, bukan kecewa karena program ini tapi kecewa dalam pelaksanaan program di desa ini," ungkap Ruitang.

    Lanjutnya, pelaksanaan program ini kan ada bestek tetapi pada saat pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai dengan bestek.

    "Saya punya bukti jelas lewat foto,.itu lengkap semua. Saya sebagai masyarakat desa Ehe apabila saya dimintakan data-data sampai ke kejaksaan saya siap untuk bersaksi di kejaksaan," tegas Ruitang

    Ditambahkannya, kemudian penyimpangan-penyimpangan yang terjadi yaitu tidak sesuai dengan bestek. Karena kerja sesuai dengan keinginan hati maka berlawanan dengan keinginan pemerintah sehingga hasil akhirnya juga tidak baik.

    "Di bestek itu jalan rapat beton 3 meter tapi jalan yang sudah ada 2 meter yang sisanya tigal ditambah itu 1 meter. Harusnya dimulai dari 0 sampai 3 meter. jadi batu dasarnya yang jalan 2 meter awal sudah ada, dan yang dikerjakan hanya tinggal yang 1 meter, jadi disinilah terjadi penyimpangan," beber Ruitang.

    Sementara itu lewat komentar dengan akaun FB nya Hukumtua FB Rohayati Sentinuwo menyatakan jika pencairan tahap akhir Dandes Ehe nanti masuk ke rekening dibulan Desember.

    "Masalah Dandes 2018 yang belum selesai pekerjaan nya. Saya mau bertanya pada anda yang sok luar biasa memuat berita ini , Jika anggaran tahap 3 nanti masuk ke rekening desa di bulan desember tahun 2018 , mampu kah kalian menyelesaikan pekerjaan tersebut di bulan Desember? Jika Jarak yg di tempu untuk masalah material harus melewati jalur laut, sedangakan hampir semua material yg di pakai berasal dari likupang," tulis Sentinuwo dengan akun FBnya.

    Lanjut Sentinuwo dengan komentar yang lain saat dibandingkan dengan Desa tetangga Desa Kahuku yang sudah selesai pejerjaan Dandes 2018, ia mencontohkan jika pasir yang digunakan itu pasir dari Klabat, sedangkan pasir di Desa Kahuku mengunakan pasir pantai.

    "Contoh kecilnya saja saya kasih tau kamu, pasir yg di gunakan desa Ehe itu pakai pasir dari Klabat, sedangkan di Kahuku pakai pasir dipantai Kahuku. Tiap desa berbeda cara kerjanya. Jadi tidak perlu dibanding-bandingkan. Jadi anda boleh berpikir sendiri, bgaimna kami mengupayakan material dan berbagai proses yang dilewati. Yang terkadang cuaca tdk bersahabat. Perlu juga anda tahu, jalan yang anda lihat itu di Rab 245 meter, dan yang hanya masih belum selesai tinggal 25 meter. Jadi anda blh berpikir sendiri. Jangan seenaknya memuat berita tanpa di konfirmasi terlebih dahulu, masuk desa tanpa Surat Tugas. Bgtu cara kerja kalian? Atau bgmana?," tulis Sentinuwo pada komentar dengan akun FBnya. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ruitang Sebut Pelaksana Dandes Ehe Keliru Ada Penyimpangan Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top