• Berita Terbaru

    August 10, 2020

    elnusanews/com , August 10, 2020

    Kunker di Boltim, Wagub Kandouw Dorong Gerakan Marijo ba Kobong

    SULUT,Elnusanews - Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke daerah Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim), Senin (10/9/2020). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka mendorong Gerakan Marijo ba Kobong melalui penanaman bawang merah dan panen kacang merah serta menyalurkan batuan sosial kepada masyarakat yang terdampak covid 19 di Desa Bongkudai Baru, Kecamatan Mooat, Kabupaten Boltim.

    Pada kesempatan iti, Wagub Sulut mengajak dan menggerakkan masyarakat memacu sektor pertanian dalam hal pemanfaatan lahan terlantar menjadi sebagai lahan produktif, kemudian mencanangkan program “Marijo Ba Kobong" dengan memperkuat ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 saat ini.
    "Saya atas nama pak Gubernur Olly, mengimbau kepada seluruh petani yang ada di daerah ini. Tetap bakobong dan tetap batanang karena ini pekerjaan sangat mulia sehingga pak gubernur berikan perlindungan asuransi kepada petani. Ini merupakan upaya, ikhtiar, dari pak gubernur untuk melindungi petani kita di daerah ini," kata Wagub Sulut.

    Lanjutnya, belum lagi bantuan-bantuan kepada petani yang ada didaerah ini.

    "Hingga kini sudah ratusan miliar bantuan kepada petani di daerah ini. Pak gubernur Olly tidak pernah membeda-bedakan selalu obyektif dalam memberikan bantuan kepada petani yang ada di daerah ini. Untuk itu, saya berharap kepada petani untuk manfaatkan betul-betul bantuan ini karena tidak semua petani mendapatkan bantuan seperti ini,"tandas Steven Kandouw.
    Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling mengatakan program ‘Marijo Ba Kobong’ merupakan program yang sedang digenjot di tengah pandemi Covid-19.

    “Program ini adalah pembawa spirit dalam pesan moril yang kaitan dengan Sulawesi Utara untuk mantap dalam hal ketahanan pangan,” kata Wowiling.

    Ia menambahkan dengan memanfaatkan lahan tidur akan menghasilkan komoditas yang menjadi kebutuhan konsumsi masyarakat. Katanya kepedulian Gubernur dan Wagub terhadap dunia pertanian sangatlah positif. Apalagi semboyan kepemimpinan adalah teladan sangatlah dirasakan untuk menjadikan budaya di masyarakat Sulawesi Utara.

    “Upaya pemerintah Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dalam menjaga keberlanjutan produksi pertanian dan menjaga pasokan di tengah pandemi lewat penyaluran bantuan benih pertanian dan serta pupuk  sangatlah memotivasi petani dan menggairahkan sektor pertanian,” tutup Wowiling.

    Kegiatan ini dirangkaikan dengan MoU antara Pemprov Sulut dengan Jasindo, terkait dengan asuransi bagi petani.

    Diketahui, untuk petani sawah seluas 3000 ha, peternak sapi 1000 ekor.

    Turut hadir, Kadis Perkebunan Sulut Refly Ngantung, Perwakilan PT. Asuransi Jasindo, kelompok tani, perwakilan Pemkab Boltim.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kunker di Boltim, Wagub Kandouw Dorong Gerakan Marijo ba Kobong Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top