• Berita Terbaru

    August 10, 2020

    elnusanews/com , , August 10, 2020

    Survey LSI, OD Tempati Pole Position dengan Meraih 62%

    SULUT,Elnusanews - Pada Minggu (09/08/2020) ini Lingkar Survey Indonesia (LSI) Network merilis harsil survey elektabilitas para figur yang terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020 ini.
    Dan hasil survey LSI Network yang dilakukan medio April 2020, menempatkan elektabilitas Olly Dondokambey (OD) yang saat ini menjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) unggul jauh dari figur-figur yang digadang maju bertarung di Pilgub 2020 ini.
    Sesuai yang dipresentasi peneliti senior LSI, Ikrama Masloman Minggu (09/8/2020), Olly yang kembali diduetkan PDI-Perjuangan dengan Cawagub Steven Kandouw di Pilgub 2020 itu, menempati pole position dengan meraih 62%, jauh meninggalkan figur yang lain hanya peroleh satu digit angka.
    “Survey ini melibatkan 800 responden dan margin eror sebesar 3,5%. Hasil survey elektabilitas, OD 62%, CEP (Tetty Paruntu) 9,3%, E2L (Elly Lasut) 4,7%, GSVL (Vicky Lumentut) dan VAP (Vonny Panambunan) mencapai presentasi yang sama yakni 3,3 persen dan SVR (Vreke Runtu) 0,3%, sementara
    13,9% responden belum menentukan pilihan,” ungkap Masloman.
    Menurut Masloman lagi, pencapaian Olly dalam survey terbilang sangat tinggi, karena di atas angka 50%.
    Belum lagi kata Masloman, tingginya pemilih militan yang memilih Olly.
    “Pemilih militan, OD 47%, CEP 6,2%, E2L 6,3%, GSVL 2,3%, VAP 2,2%. Dari data-data tersebut, petahana perkasa karena elektabilitas di atas 50% dan pemilih militan di atas 40%. Belum ada lawan bagi petahana karena presentasinya berdasarkan data masih di bawah 10%.
    Dan bila presentasi dari lawan petahana diakumulasi hanya di bawah 30%,” jelasnya.
    Ditambahkannya, masih ada 5 bulan menuju Pilkada, presentasi tersebut bisa berubah dengan adanya pemilih mengambang atau menentukan pilihan yang dapat dijaring berdasarkan penetrasi kampanye.
    “Jika tidak ada blunder yang maha dahsyat, berdasarkan data tersebut maka OD masih sulit dikalahkan. Beberapa alasan petahana sangat kokoh, berdasarkan temuan saat survey bahwa tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja petahana biasanya 75 persen. Sedangkan OD mencapai 84,7 persen. Tingkat elektabilitas yang tinggi disingkronkan dengan tingkat kepuasan kinerja," pungkasnya.(ROKER/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Survey LSI, OD Tempati Pole Position dengan Meraih 62% Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top