• Berita Terbaru

    March 12, 2021

    elnusanews/com March 12, 2021

    KPU Minut Gandeng Insan Pers Dan Bawaslu Gelar FGD

    MINUT, Elnusanews-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa utara (Minut) lakukan kegiatan Forum Group Discussion Logistik dan peran media dalam pilkada 2020 yang digelar di Novotel Kairagi Manado.

    Dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw menyampaikan Kesuksesan Pilkada di Kabupaten Minut sukses terlaksana juga atas peran media dalam mengawal dan membantu mensosialisasikan setiap tahapan pilkada kepada masyarakat.

    “Salah satu Kesuksesan Pilkada di Minahasa Utara dibuktikan dengan menjadi salah satu penyumbang partisipasi masyarakat pemilih yang tinggi melebihi target 7,7 partisipasi pemilih yang mencapai 81 persen ditengah pandemi covid-19 dengan menegakkan protokol covid-19 yang ketat sehingga Provinsi Sulawesi Utara masuk kategori sebagai Provinsi pemilih tertinggi di Indonesia dan telah melaksanakan Pilkada sesuai mekanisme dan regulasi yang ada sehingga tidak ada perkara dalam pilkada apalagi sampai ke Mahkama Konstitusi,” Ucap Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw.

    Lanjut Hendra, Untuk pendistribusian Logistik tersalur dengan baik. KPU sudah mendistribusikan logistik sesuai dengan mekanisme yang berlaku yakni tepat sasaran, tepat waktu, tepat jenis dan tepat distribusi,” ucapnya kepada para wartawan biro Minut yang menjadi peserta FGD.

    Komisioner KPU divisi data Dikson Lahope menyampaikan peran pers dalam Pilkada adalah mengawasi dan mendukung Pilkada melalui sosialisasi pemberitaan.

    Hadir juga sebagai Narasumber ketua Bawaslu Minut Simon Awuy,  Wartawan senior Sulut Reymoond ‘Kex’ Mudami, Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan, Ketua IJTI Amanda Komaling, Ketua AJI Sulut Lynvia Gunde, yang memyampaikan peran dan fungsi pers, penyajian pemberitaan yang independen serta adanya pelanggaran Pilkada yang menuntut idealis jurnalistik dalam memberikan pemberitaan kepada publik yang tidak melanggar kode etik jurnalis.

    ”Peran KPU sebagai penyelenggara, peran Bawaslu sebagai pengawasan dan pencegahan terjadinya pelanggaran Pilkada dan tugas pers adalah memberi informasi apa yang boleh dan tidak boleh dalam Pemilukada, ” jelas Komaling.

    Disamping itu, ketua AJI Sulut Lynvia Gunde mengibaratkan pers sebagai anjing penjaga demokrasi. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KPU Minut Gandeng Insan Pers Dan Bawaslu Gelar FGD Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top