• Berita Terbaru

    June 01, 2022

    elnusanews/com , June 01, 2022

    Steven Kandouw Ajak Masyarakat Sulut Membumikan Pancasila Dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

    SULUT,Elnusanews - Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022, pada Rabu 1 Juni 2022 pagi, dipimpin langsung Presiden RI Joko Widodo dari Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Di Sulut sendiri upacara yang dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh Wakil Gubernur Sulut Drs Steven OE Kandouw, (SK). Pj Sekprov Sulut Praseno Hadi, serta jajaran Forkopimda, di Aula Mapalus kantor gubernur.

    Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengajak seluruh masyarakat Sulut untuk mengimplementasikan dan membumikan Pancasila.

    Kandouw menegaskan bahwa, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa Indonesia yang berbeda-beda, namun menjadi dasar negara Indonesia untuk tetap berdiri kokoh meskipun diterpa berbagai cobaan dan tantangan.

    Oleh karena itu Kandouw mengajak dan berharap agar masyarakat mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

    “Mari saya mengajak agar masyarakat Sulawesi Utara untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Kandouw.

    Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang pertama kali dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta.

    Dalam upacara kali ini, Presiden Jokowi terlihat mengenakan pakaian adat Ende bernama Ragi Lambu Luka Lesu, dengan kain motif perpaduan warna merah dan hitam, sedangkan Ibu Iriana mengenakan perpaduan kain motif berwarna coklat dan ungu tua.

    Sedangkan ,Wagub Steven Kandouw (SK) didampingi Pj Sekprov Praseno Hadi tampak mengenakan pakaian adat Minahasa.

    Upacara diawali dengan penghormatan kebesaran kepada inspektur upacara. Selanjutnya inspektur upacara memimpin peserta upacara Mengheningkan Cipta.

    Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan naskah Pancasila dan Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus membacakan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

    Presiden Jokowi selaku inspektur upacara kemudian menyampaikan amanat. Rangkaian upacara kemudian ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

    Hadir langsung sebagai peserta upacara para anggota TNI dan Polri, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), tenaga kesehatan, purnapaskibraka Indonesia, pramuka, serta pelajar. Tampak hadir juga Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, serta Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

    Turut hadir pula Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Anggota Komisi VII DPR RI Herman Heri, Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat, serta Bupati Ende Djafar Achmad.

    (roker/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Steven Kandouw Ajak Masyarakat Sulut Membumikan Pancasila Dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top