• Berita Terbaru

    April 28, 2023

    elnusanews/com April 28, 2023

    HUT Desa Kaima ke-253 Berlangsung Meriah


    MINUT, Elnusanews-- Perayaan hut Desa Kaima, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) ke - 253 bernuansa adat.

    Ritual Sumela Kure yang hampir punah menjadi tontonan utama dalam perayaan tersebut. 

    Begitu pula ritual sidang dewan adat dan berdoa di pasela - pasela. Masyarakat menyambut antusias konsep budaya itu. Warga berbondong - bondong menuju ke lokasi acara di lapangan Desa Kaima dan terlibat memenuhi kegiatan tersebut.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Minut Joune J.E. Ganda, SE.MAP, MM, M.Si diwakili Asisten II Drs. Alan Mingkid, Ketua DPRD Minut Denny lolong, Ketua MPC Pemuda Pancasila Minut Joutje Dengah, Anggota DPRD Meydi R Kumaseh, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat. 


    Asisten II Alan Mingkid mengatakan, budaya diangkat dalam perayaan hut desa Kaima dengan tujuan untuk melestarikannya sebagai kearifan lokal dan pariwisata. 

    "Budaya adalah karakteristik kita. Dengan budaya kita akan memiliki disiplin dan prinsip hidup," katanya.

    Ketua DPRD Minut Denny Lolong Mengucapkan selamat ulang tahun untuk Desa Kaima ke-252. "Kebersamaan antar masyarakat di desa kaima mudah-mudahan akan terus aman dan damai, dan terus berkembang," ujarnya.

    Hukum Tua Desa Kaima Jefry Rondonuwu menambahkan, manusia modern dapat berdampingan dengan budaya tanpa kehilangan iman kepada Tuhan. Dan salah satu ritual yang ditampilkan adalah Sumela Kure. "Ritual ini adalah simbol ucapan syukur masyarakat Minahasa zaman dahulu dan ini akan dilestarikan," tuturnya.

    Sementara itu Ketua Panitia Hut Desa Kaima Wakil Ketua MPC Pemuda Pancisila Minut Brando Pangemanan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini. " Saya berharap konsep budaya itu akan jadi momentum untuk memajukan SDM dan SDA Desa Kaima," tutup Pangemanan yang selalu akrab dengan awak media. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: HUT Desa Kaima ke-253 Berlangsung Meriah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top