• Berita Terbaru

    April 01, 2023

    elnusanews/com April 01, 2023

    Capaian Kinerja Pj Bupati Sangihe Selama Kurun Waktu 10 Bulan Mendapat Apresiasi Tim Evaluasi Pemprov Sulut


    Sangihe, Elnusanews- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut memberikan apresiasi atas kinerja Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe.dr Rinny Tamuntuam.Hal ini terungkap dalam evaluasi kinerja Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe yang dilaksanakan Pemprov Sulut, di Kantor Gubernur, Jumat (31/3) kemarin.

    Berbagai capaian yang di apresiasi Oleh Tim Evaluator Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe atas kinerja Pj Bupati selama kurun waktu 10 bulan antara lain:


    1).Aspek Pemerintahan, antara lain:

     1.penanganan Stunting berhasil turun dari angka 8,3 di tahun 2021a menjadi 3,6 di tahun 2023

    2. Angka harapan hidup dari 70,18 di tahun 2021 menjadi 70,51 di tahun 2022

    3. Sarana Pendidikan yang terus bertambah

    4. Angka harapan sekolah yang baik dari 12,47 di tahun 2021 menjadi 12,59 di tahun 2022

    5.Dalam Pelayanan Publik baik pelayanan dokumen kependudukan dan perijinan mengalami pertambahan signifikan melalui inovasi pelayanan digital yg dilakukan

    6. Dalam kegiatan bersama forkopimda serta perhatian bagi bidang keagamaan

    7. Dalam menjaga etika dan norma dan menjadi suri teladan Pj. Bupati telah menerima berbagai penghargaan selang 10 bulan.


    2). Dalam Aspek Pembangunan antara lain:

    1. Dari target investasi 2022 sebanyak 500 M dapat terealisasi 588.799.219.135

    2. Kemiskinan turun dari 11,02 thn 2021 menjadi 10,5 di tahun 2022 dan kemiskinan ekstrim dari 1,70 Thun 2021 menjadi 0,79 di tahun 2022.

    3.Dalam menjaga kestabilan harga dan kepatuhan penganggaran untuk penanganan inflasi, Pj. Bupati dinilai mampu dalam berbagai langkah konkrit penanganan dan pengendalian inflasi

    4. Dalam hal netralitas ASN juga dinilai patuh terhadap aturan-aturan, termasuk dalam proses pengisian jabatan lowong

    5. MCP per 2022 mencapai 80%

    6.Realisasi Produk Dalam Negeri mencapai 70,45 pada per Desember 2022

    7. Tingkat pengangguran Terbuka dari 4,72 Tahun 2021 menjadi 2,87 tahun 2022

    8. Indeks Pembangunan Manusia 71,07 naik menjadi 71,63


    3).Dalam Aspek Kemasyarakatan antara lain:

    1. Dalam penanganan dan Gangguan Ketentraman dan ketertiban Umum ditangani  melalui kerjasama yang baik Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan elemen masyarakat.

    2. Dalam mitigasi dan Penanggulangan bencana Pj. Bupati juga aktif memperjuangkan bantuan dari pusat hingga dapat membantu korban bencana di Sangihe.


    Sekretaris Provinsi Sulut Steve Kapel ST MSi selaku Ketua Tim Evaluator memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Kepulauan Sangihe atas kinerja selama kurang lebih 10 bulan menjabat sebagai Penjabat Bupati Sangihe,karena selama kurun waktu 10 bulan kata Sekprov Sulut selaku dari semua tim evaluator menilai Sangihe telah mengalami banyak perkembangan."Disamping itu juga ada beberapa catatan yang masih perlu untuk ditindaklanjuti demi kemajuan Sangihe.Sekretaris Provinsi juga mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi selalu siap untuk membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam berbagai hal yang memerlukan koordinasi dan sinergitas dalam pembangunan Sangihe.

    Sementara itu Pj Bupati.dr Rinny Tamuntuan menyampaikan terima kasih kepada tim evaluator yang telah memberikan masukan terlebih juga atas bentuk perhatian Pemerintah Provinsi  melalui program kegiatan yang juga banyak menyentuh masyarakat Sangihe.Dan kedepannya tetap memohonkan agar perhatian Pemerintah Provinsi tetap dilanjutkan terlebih untuk beberapa issue stretegis Kabupaten Sangihe sebagai Daerah Perbatasan."kata Tamuntuan

    Lebih lanjut lagi Tamuntuan mengatakan kinerja yang dicapai adalah hasil kerja keras semua pihak, tidak hanya jajaran Pemerintah Daerah tapi juga Forkopimda, Legislatif, TNI/Polri, BUMN/BUMD dan Instansi Vertikal serta semua elemen masyarakat yang selama ini telah bekerjasama bersinergi untuk membangun Sangihe.

    Tamuntuan mengingatkan kepada semua perangkat daerah dilingkup pemkab sangihe untuk dapat bekerja cepat dan tepat untuk terus memacu kinerja masing-masing perangkat daerah."imbuh Tamuntuan.

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Capaian Kinerja Pj Bupati Sangihe Selama Kurun Waktu 10 Bulan Mendapat Apresiasi Tim Evaluasi Pemprov Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top