• Berita Terbaru

    April 04, 2023

    elnusanews/com April 04, 2023

    Tak Puas Proses Kasus Dandes, Warga Dalako Bembanehe Sambangi Kejari Dan DPRD


    Sangihe, Elnusanews - Dugaan kasus penyimpangan Dana Desa (Dandes) di kampung Dalako Bembanehe kecamatan Tatoareng yang diadukan ke Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe sejak Agustus 2021 lalu hingga kini tak jelas penanganannya dan diduga telah "diamankan" oknum aparat hukum.

    Ketidakjelasan proses hukum tersebut akhirnya memaksa warga Dalako Bembanehe, harus turun langsung mencari kepastian hukum dugaan kasus Dandes yang diduga melibatkan Kapitalaung setempat, RL. 


    Meski harus mengarungi lautan dengan gelombang tinggi, namun, Senin (3/4) perahu yang ditumpangi warga akhirnya tiba di Tahuna. Tak kurang dari 15 orang Warga Dalako Bembanehe langsung menuju Kantor Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe hendak menemui dan beraudiensi dengan Kepala Kejaksaan.

    Di halaman Kejari Tahuna, koordinator warga, Engel Simon kepada beberapa awak media menyatakan, kedatangan warga dari Pulau Kahakitang ini hanya ingin bertemu Kajari untuk mempertanyakan proses penanganan terhadap pengaduan masyarakat yang saat itu telah dikuasakan kepada LP-KPK Komcab Sangihe. "Hanya ingin mencari tau progres penanganan aduan kasus Dandes dan menyampaikan beberapa permasalahan baru yang terjadi di kampung". Jelas Engel Simon.

    Warga ditemui langsung oleh Kajari Kepulauan Sangihe, Eri Yudianto, SH MH didampingi Kasie Intel, Ronny Kurniawan, SH di aula Kejaksaan.

    Setelah mendengar keluhan warga soal pengaduan yang tidak diketahui tindaklanjutnya, Kajari menyatakan, pihaknya tetap akan menindaklanjuti  setiap aduan yang masuk sesuai mekanismenya. "Kami akan tetap memproses tapi sesuai mekanismenya. Untuk tahapan audit sudah kita serahkan ke Inspektorat. Nanti kita cek lagi ke auditornya" Jelas Eri Yudianto yang saat itu ikut pula mensosialisasikan soal Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang diadukan warga karena dinilai bermasalah. 

    Tak hanya di Kejaksaan, warga juga ikut menyambangi DPRD Sangihe pada Selasa (4/4). Belasan warga Dalako Bembanehe tersebut diterima oleh sejumlah personil Komisi 1 DPRD Sangihe. "Sudah diterima oleh Komisi 1 tadi. Apa yang kami harapkan telah disampaikan ke anggota dewan dan telah diterima" Ungkap Sonti Gawe, perwakilan warga. 

    "Dewan meminta warga menyurat secara resmi agar dapat diagendakan Rapat bersama dengan pihak - pihak terkait untuk membahas permasalahan warga dan kampung Dalako Bembanehe" Tambah warga yang lain, Adolof Madilah. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tak Puas Proses Kasus Dandes, Warga Dalako Bembanehe Sambangi Kejari Dan DPRD Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top