• Berita Terbaru

    April 12, 2023

    elnusanews/com April 12, 2023

    Difasilitasi Dinas PP-KB Tomohon, BKKBN Sulut Gelar Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Akseptor


    TOMOHON,Elnusanews - BKKBN Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga  Berencana (PPKB) Daerah Kota Tomohon menggelar kegiatan Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Akseptor dilaksanakan di Balai Kantor Kelurahan Kayawu Kecamatan Tomohon Utara (Tomut) Kota Tomohon, Selasa 11 April 2023.


    Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga  Berencana (PPKB) Daerah Kota Tomohon, Mareyke Manengkey.

    Adapun narasumber, Kadis Pangan Tomohon Novie Kainde, Sekdis Koperasi Tomohon, Diana Mongdong dan pihak BKKBN Sulut, Karmina Winopati.

    Mareyke Manengkey dalam arahannya mengatakan bahwa stunting dapat dicegah melalui pencegahan dari hulu, yaitu melalui pembinaan kepada keluarga yang beresiko stunting.

    “Kami berharap agar peserta yang hadir dapat mensosialisasikan materi dan informasi yang didapatkan pada pertemuan ini kepada keluarga yang beresiko stunting di lingkungannya, karena untuk mengeliminasi permasalahan stunting memerlukan kerjasama dan dukungan dari semua pihak mulai dari Pemerintah, swasta dan termasuk masyarakat didalamnya” Ujar Mareyke Manengkey.

    Lanjut di jelaskannya, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 angka stunting di Kota Tomohon berada pada angka 13,7 persen  sudah berada di bawah rata rata nasional.

    “Namun masih dibutuhkan kerja ekstra bersama untuk mencapai target nasional sampai zero stunting di tahun 2024.” Jelasnya.

    Pada kegiatan ini, peserta dibekali juga dengan materi tentang UMKM oleh Dinas Koperasi Daerah Tomohon dan dilanjutkan dengan materi pemanfaatan tanaman lokal untuk atasi stunting oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Tomohon.

    Adapun para peserta yang ikut dalam kegiatan ini yakni kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) di Kampung KB Kelurahan Kayawu.

    Kegiatan ini pula dirangkaian dengan internalisasi pengasuhan balita dalam rangka percepatam penurunan stunting kepada masyarakat tahun 2023, yang digelar oleh Perwakilan BKKBN provinsi Sulut.

    (roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Difasilitasi Dinas PP-KB Tomohon, BKKBN Sulut Gelar Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Akseptor Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top