• Berita Terbaru

    November 27, 2014

    elnusanews/com , November 27, 2014

    Ronny Sompie : Perbedaan Agama Sebagai Kekayaan bangsa


    Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Drs Ronny Sompie, SH MH
    SULUT,Elnusanews - Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Drs Ronny Sompie, SH MH menyampaikan, Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) termasuk di daerah Sulut terdapat beragam denominasi gereja yang berbeda. Dari satu sisi perbedaan-perbedaan yang ada sebagai satu kekayaan bangsa. hal ini Sompie katakan
    dihadapan peserta Munas 1 Bamag yang berlangsung di Graha Bumi Beringin Manado, kamis  (27/11).

    Menurut Sompie, Perbedaan itu dapat dilihat sebagai kekayaan bangsa dimana para penganut agama saling menghargai dan menghormati, saling belajar, saling menimbah serta memperkaya dan memperkuat nilai-nilai keagamaan dan keimanan masing-masing. Disamping itu perbedaan tak perlu dipertentangkan, tapi dilihat dan dijadikan sebagai pembanding, pendorong bahkan penguat dan pemurni untuk hidup bersama rukun dan damai sebagai sesama anak bangsa. Karena agama tidak boleh dijadikan pemicu konflik dan perpecahan, melainkan dijadikan penunjang perdamaian dan persatuan. Alasannya ada orang-orang tertentu yang menganggap dan menjadikan agama sebagai dasar atau alasan untuk tidak boleh hidup bersama atau harus hidup terpisah, tidak boleh berdamai atau rukun dengan orang yang berbeda agama, bahkan ada anjuran untuk memusuhi dan membinasakan penaganut agama lain. 
      
    Mencermati permasalahan itu Sompie mengajak, tiga hal kepada umat beragama di Indonesia yaitu, perlu memahami dengan benar tujuan dari wawasan kebangsaan, meningkatkan kekeluarggaan dan persaudaraan sejati antar suku, ras, golongan, daerah dan agama serta kerukunan dan toleransi antar umat beragama maupun suku ras dan golongan . (roker)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ronny Sompie : Perbedaan Agama Sebagai Kekayaan bangsa Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top