• Berita Terbaru

    November 28, 2014

    elnusanews/com November 28, 2014

    Kunker Pemkab Klungkung Belajar Pengelolaan Taman Laut Bunaken


    Usai tatap muka, dilakukan pertukaran cendra mata antara Pemerintah Kota Manado dan Pemerintah Kabupaten Klungkung

    MANADO, ElnusanewsPemerintah Kabupaten Klungkung Provinsi Bali yang dipimpin oleh Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta. Rombongan yang terdiri dari jajaran Pemkab Klungkung datang ke Manado dengan tujuan kunjungan kerja untuk melihat lebih dekat cara pengelolaan wisata perairan, pengelolaan Taman Laut Nasional Bunaken serta pengelolaan retribusi pariwisata.

    Dalam kesempatan tersebut, Wabup Klungkung mengatakan, rombongan yang dipimpinnya khusus datang di kota ini untuk menimbah ilmu soal pengelolaan beberapa bidang kepariwisataan seperti Pengelolaan wisata perairan dan retribusi pariwisata yang ada di Manado untuk diterapkan di Klungkung. Di Klungkung juga ada KKP (kawasan konservasi perairan) yaitu KKP Nusa Penida, sehingga dengan demikian apa yang di kelola oleh Manado bisa dilakukan di Klungkung,” ungkap Kasta.  

    Rombongan yang diterima oleh Assisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahtraan Rakyat, Drs Yosua Pangkerego, yang mengambil tempat di Ruang Toar Lumimuut (Tolu) Kantor Walikota Manado, menjelaskan untuk pengelolaan TLNB memiliki keunikan tersendiri, dimana cara pengelolaannya dilakukan oleh Dewan Pengelolah Taman Laut Nasional Bunaken (DPTNB) yang di ketuai oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Djouhari Kansil yang acuannya dari Kementrian Kehutanan

    “Secara Administrasi Pulau Bunaken tersebut berada di Wilayah Pemerintahan Kota Manado terkait denganretribusinya Pemkot Manado sendiri hanya mendapat 7 persen karena hasil retribusi itu dibagi ke empat kabupaten/kota seperti Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa serta Kota Manado sendriripembagian tersebut terjadi demikian dikarenakan TLNB berada di kawasan antara garis 4 kabupaten/kota,” terang Pangkerego. (inan)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kunker Pemkab Klungkung Belajar Pengelolaan Taman Laut Bunaken Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top