• Berita Terbaru

    March 01, 2019

    Elnusa News , March 01, 2019

    Disbun Gandeng TP-PKK Sulut Sosialisasi Pengembangan Teknologi Skala Rumah Tangga

    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi melalui Dinas Perkebunan Daerah bekerjasama dengan TP-PKK Provinsi Sulut menggelar Sosialisasi Pengembangan Teknologi Skala Rumah Tangga Bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Lolan Kecamatan Bolaang Kabupaten Bolmong, Jumat (1/3/2019). Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Refly Ngantung.

    Dalam arahannya Refly Ngantung mengatakan Sosialisasi Pengembangan Teknologi Skala Rumah Tangga berbasis kelapa ini sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan para petani kelapa yang ada di daerah ini.

    "Bahwa produk yang punya kearifan budaya yakni kelapa mempunyai faedah dan manfaat baik untuk kesehatan maupun dari sisi ekonomi. Itu dibuktikan bahwa kelapa ini adalah mempunyai turunan minyak kelapa dan VCO yang luar biasa kasiatmya bahkan kadar proteinnya cukup tinggi dan nilai gizinya bisa memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Jadi, kerjasama ini dalam rangka karena lesuhnya eksport kelapa atau kopra makanya kita tingkatkan konsumsi dalam daerah. Seperti apa konsumsi dalam daerah? yaitu kita mengkonsumsi minyak kelapa yang notabenenya ada di sekitar kita yang bisa dilakukan oleh masyarakat bahkan keluarga-keluarga kita bisa melaksanakannya dan itu sudah diwariskan sejak nenek moyang semua itu bisa dilakukan," beber Refly Ngantung.

    Namun kata Ngantung, OD-SK berinisiasi bahwa kita fasilitasi dengan memberikan bantuan peralatan pengelola minyak kelapa dan VCO agar supaya kita meningkatkan nilai tambah daripada usaha kelapa bukan hanya orientasi untuk mengolah menjadi kopra tapi justru sebaliknya mendapat keuntungan.

    "Untuk itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengkonsumsi minyak kelapa dan VCO, walaupun kebutuhan eksport sangat terbatas kita bisa mengkonsumsi dan pada saat harga naik, kita kurangi lagi konsumsi itu tapi kita tetap manfaat juga peluang-peluang pasar yang lain," ujarnya.

    Dikatakan Ngantung keterlibatan pihak TP-PKK Sulut dalam sosialisasi ini karena mereka merupakan corong paling dekat dengan keluarga yakni para ibu-ibu yang paham terkait konsumsi makanan yang sehat. Sembari Ngantung menyebutkan dengan adanya kegiatan ini mendapat antusiasme masyarakat cukup tinggi, jadi ekspetasi mereka terhadap masalah kelapa sangat tinggi sehingga waktu yang tepat untuk menggelar Sosialisasi tersebut.

    Turut hadir kelompok kerja (Pokja) tiga (3) TP - PKK Sulut berjumlah lima (5) orang, Kadis Perkebunan Bolmong, Perangkat Desa dan Camat Bolaang serta masyarakat setempat.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Disbun Gandeng TP-PKK Sulut Sosialisasi Pengembangan Teknologi Skala Rumah Tangga Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top