• Berita Terbaru

    March 04, 2019

    elnusanews/com , , March 04, 2019

    First Lady Sulut Ajak TP-PKK Boltim Kembangkan Produk Turunan Kelapa

    Ketua TP -PKK Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan Saat Bawakan Sambutan di Sosialisasi Pengembangan Teknologi Skala Rumah Tangga.
    BOLTIM,Elnusanews - Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Rita Dondokambey - Tamuntuan mengajak kepada seluruh ibu - ibu TP-PKK Kabupaten Bolaang Mongonduw Timur (Boltim) untuk lebih giat lagi dalam mengembangkan produk turunan kelapa demi mensejahterakan masyarakat petani kelapa yang ada di daerah bumi nyiur melambai Sulawesi Utara (Sulut) lebih khusus masyarakat petani kelapa yang ada daerah Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim).
    Ajakan First Lady Sulut itu saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Pengembangan Teknologi Skala Rumah Tangga yang digelar oleh Dinas Perkebunan Daerah Sulut bersama TP-PKK Provinsi Sulut bertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim), Senin (4/3/2019) siang tadi.

    "Saya mengajak kepada seluruh ibu - ibu TP-PKK se Kabupaten Boltim dan yang ada di daerah bumi nyiur melambai Sulawesi Utara (Sulut) agar lebih giat lagi untuk mengembangkan produk turunan kelapa seperti pembuatan minyak kelapa berbasis lokal demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani kelapa. ibu - ibu PKK saya yakin dan percaya punya wawasan dan ketrampilan dalam menjamin kebutuhan keluarga dan menciptakan lapangan kerja serta menambah penghasilan keluarga merupakan hal yang patut diapersiasi," ungkap Rita Dondokambey - Tamuntuan itu.

    Lanjut istri tercinta Gubernur Olly Dondokambey tersebut berharap lewat sosialisasi pengembangan teknologi berbasis turunan kelapa ini ibu - ibu PKK bisa merubah pola pikir tentang turunan produk kelapa dan lebih memanfaatkan produk lokal yakni minyak kelapa.

    "Karena minyak kelapa sangat sehat, marijo torang pake minyak kelapa," tandas First lady Sulut itu.

    Sementara itu Ketua TP-PKK Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim) mengatakan dalam agro industri dalam peningkatan teknologi mulai maju. Menurutnya, produk turunan kelapa perlahan mulai dibuktikan di Boltim. Dengan melemahnya harga kopra, dirinya menilai bahwa kegiatan sosialisasi ini cocok bagi TP-PKK Boltim.

    "Walaupun ekspor ini masih lemah, namun ini sangat baik untuk kita gunakan. Karena itu, saya sangat mendukung kegiatan ini. Agar supaya semua masyarakat dapat merasakan secara full dampak ekonomi dari agro industri rumahan," ujarnya.

    Kepala Dinas Perkebunan Sulut Refly Ngantung mengatakan, dengan anjloknya harga kopra membuat pemerintah dan masyarakat terbebani. Namun dengan mengantisipasi harga yang anjlok tersebut, maka salah satu solusi adalah minyak kelapa. Pemberdayaan minyak kelapa, sangat penting bagi daerah.

    "Mengolah kelapa menjadi minyak masih lebih memiliki nilai jual dibandingkan dieksekusi menjadi kopra. Dan kita akan siap membantu agar ada alat pengolahan kelapa. Kita tentu sedang menggiatkan produksi turunan kelapa. Pak Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Pak Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw terus memberikan terobosan dengan terobosan program operasi desa sukseskan kelapa (ODSK). Minyak kelapa menurut Refly, dapat memberikan nilai ekonomi dalam perbaikan taraf hidup masyarakat.

    "Kesejahteraan masyarakat yang menjadi utama demi peningkatan ekonomi pengembangan minyak kelapa dan turunannya berbasis kelapa," pungkas

    Turut hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim) Nursiwin Yunus Landjar, Balitbang Daerah Sulut Jemmi Lampus, Kadis Pertanian Boltim Sutiono, Pengurus Pokja 3 TP-PKK Provinsi Sulut, Pengurus TP-PKK se Kabupaten Boltim.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: First Lady Sulut Ajak TP-PKK Boltim Kembangkan Produk Turunan Kelapa Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top