• Berita Terbaru

    March 10, 2021

    elnusanews/com March 10, 2021

    Jerry Sambuaga: Produk UMKM di Sulut Memiliki Kualitas Eksport

    Wamendag  DR Jerry Sambuaga dalam kunjungannya menyempatkan diri melihat produk-produk berkualitas yang dihasilkan oleh UMKM yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).  Hari ini Rabu (10/3/2021),

    Wamendag yang didampingi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut beserta jajaran, Kepala Perwakilan Bank Indonesia dan pejabat lainnya.

    Pada kesempatan tersebut Wamendag mengamati produk olahan makanan, minuman, ukiran tangan dan cinderamata khas provinsi berjulukan bumi nyiur melambai.

    Kepada para pewarta Jerry sapaan akrabnya, mengapresiasi peran serta dari para stakeholder yang mendukung dan mengembangkan UMKM.

    “Yang pertama kita melihat keberpihakan pemerintah khususnya Pemprov Sulut yang memberikan kesempatan dan juga dorongan dan dukungan kepada UMKM di sulut untuk memberikan produk-produknya yang bisa dipasarkan,” ucapnya.

    Jerry juga mengatakan, produk-produk yang dibuat para UMKM dari kabupaten/kota di Sulut ini memiliki potensi untuk dikembangkan dan diekspor hingga ke luar negeri.

    “Artinya ini sebuah kondisi dimana ini (produk-produk UMKM Sulut) sangat baik untuk pengembangan ekspor. Ini sesuai arahan bapak Presiden, bagaimana kita itu mendorong produk-produk kita yang potensial untuk diekspor ke luar dan kita bekerjasama dengan semua stakeholder untuk memastikan produk-produk ini bisa dipasarkan di luar,” jelasnya.

    Wamendag Jerry Sambuaga mengungkapkan bahwa Kemendag RI siap mendukung UMKM dalam membuat produk berkualitas lewat program-program di antaranya pelatihan-pelatihan.

    “Kemendag punya yang namanya balai pelatihan ekspor. Di situ kita kasih pelatihan, kita kasih tahu bagaimana cara membuat kemasan yang baik sehingga barang-barang kita yang sudah bagus lebih maksimal lagi dalam segi promosi,” tukasnya.

    Tak hanya pelatihan, Kemendag juga siap memfasilitasi agar produk-produk yang diekspor nantinya dapat berkembang di luar negeri dan tepat sasaran.

    “Kemendag juga punya perwakilan di luar negeri. Kita punya atase perdagangan, kita punya ITPC (Indonesian Trade Promotion Center) yang tersebar di 33 negara,” ungkap Sambuaga.

    Untuk itu, dia berharap produk-produk UMKM di Indonesia di dalamnya Sulawesi Utara untuk dapat terus didorong dan dibantu oleh pemerintah dan stakeholder terkait agar dapat terus berkembang dan menghasilkan produk berkualitas serta layak ekspor. 

     

     (chr)

     

     

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jerry Sambuaga: Produk UMKM di Sulut Memiliki Kualitas Eksport Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top