• Berita Terbaru

    March 03, 2021

    elnusanews/com March 03, 2021

    Pemkot Tatap Muka Dengan Masyarakat Pemilik Tambang

    BITUNG, Elnusanews - Pemerintah Kecamatan Ranowulu gelar pertemuan tatap muka dengan pemilik lahan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Aula Kantor Kecamatan Ranowulu, Rabu (4/3/2021).

    Pertemuan itu dihadiri, Camat Ranowulu Dolfie Rumampuk, Danramil 01 Bitung Letu Inf Julen Kasihaeng, Kapolsek Iptu Wayan Budiartha, Lurah Pinasungkulan Fransiska Komaling, Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Utara dan DLH Kota Bitung.

    Kepala Dinas DLH Kota Bitung Sadat Binabari melalui Bidang Penaatan dan Peningkaran Kapasitas Lingkungan Jeffry Kandowangko mengatakan setiap usaha penambangan wajib memiliki izin lingkungan.

    "Kenapa wajib memiliki izin, karena ada UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengolahan lingkungan,"kata dia.

    "Karena prosesnya nanti harus memiliki Analisis Dampak Lingkungan atau biasa disebut AMDAL,"sambunya.

    Lanjutnya, ini wajib memiliki izinnya karena hal tersebut sudah diatur. Nah ketika ada izinnya dapat dikelolah dengan baik.

    "Agar supaya tidak menimbulkan hal-hal tidak diingin. Diharapkan ada izinnya,"jelasnya.

    Hal senada juga dikatakan, salah satu staf di Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Utara  (Sulut) Julia Boeloeran menjelaskan, setiap satu kegiatan penambangan apapun wajib ada aturanya.

    "Nah aturannya disini wajib mengantongi izin resmi. Apapun kegiatan penambangannya bukan hanya penambangan emas akan tetapi semua jenis penambagan wajib memiliki izin resmi dari pemerintah pusat dalam hal ini kementrian ESDM, bukan dari pemerintah daerah yang mengatur,"kata Julia.

    Tapi pada intinya, pemerintah Republik Indonesia tidak membatasi bagi siapa saja yang ingin melakukan usaha apapun. 

    "Akan tetapi wajib ada aturannya sebelum melakukan aktifitas penambangan harus ada izinnya,"jelasnya. 

    Sementara, salah satu pemilik lahan  tambang Yorri Lomboan mengapresiasi masukan usulan dari istansi terkait.

    "Tentunya kami warga pemilik lahan berharap yang terbaik dari pemerintah dan mematuhi aturan dari pemerintah,"singkatnya.

    Sembari mengusulkan, kepada pihak kecamatan agar memfasilitasi kembali pertemuan seperti ini tapi ditempat kantor Lurah Pinasungkulan. "Masalah waktu kalau bisa pak camat Minggu depan. Bagi saya usulan ini untuk kepentingan masyarakat Pinasungkulan,"tambahnya diamini sejumlah warga yang hadir. (Rego)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkot Tatap Muka Dengan Masyarakat Pemilik Tambang Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top