• Berita Terbaru

    August 24, 2023

    elnusanews/com August 24, 2023

    Bupati Joune Ganda Sukses Salurkan Bantuan Kelautan Dan Perikanan, Berbanrol 10 Miliar


    MINUT, Elnusanews - Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune JE Ganda, SE, MAP, MM, M.Si dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung, SH, MH (JGKWL), kembali membuktikan komitmen mengangkat ekonomi masyarakat nelayan. Hal ini dilakukan lewat penyerahan bantuan bidang kelautan dan perikanan yang digelar di JG Center, Kamis (24/8/2023) tadi.

    “Yang kita serahkan ini (bantuan) nilainya sepuluh miliar lebih. Ini bukan uang yang sedikit, jadi tolong dimanfaatkan sebaik mungkin bantuan ini,” kata Bupati JG sebelumnya menyerahkan bantuan.

    Ia juga menyentil soal bantuan kelompok yang berpotensi dimonopoli oleh satu dua orang.

    “Catat nomor HP saya (0811 888 949) kemudian lapor kalau ada yang coba menguasai bantuan ini. Karena yang kami harapkan bantuan ini boleh menyejahterakan semua nelayan bukan hanya satu dua orang,” tegasnya sembari menyebutkan jika bantuan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

    Ia pun berharap bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan.

    “Tolong dijaga dan dirawat sebaik mungkin sehingga boleh dipakai untuk waktu yang lama,” pintanya.


    Sementara itu, Kadis Kelautan dan Perikanan Minut, Jack Y. R. Paruntu, SE, menyebutkan, anggaran pengadaan bantuan ini berasal dari hibah dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) tahun anggaran 2023.

    “Tahun anggaran 2023 ini kita mengalokasikan dana bantuan hibah sebesar Rp10.9125.37.000 (sepuluh miliar sembilan ratus dua belas juta lima ratus tiga puluh tujuh ribu rupiah) yang terdiri dari Dana Alokasi Khusus sebesar Rp9.469.537.000 (sembilan miliar empat ratus enam puluh sembilan juta lima ratus tiga puluh tujuh ribu rupiah) dan Dana Alokasi Umum sebesar Rp 1.443.000.000 (satu miliar empat ratus empat puluh tiga juta rupiah),” kata Paruntu.

    Namun demikian, sambung dia, belum semua bantuan yang dianggarkan di dana ini direalisasi.

    “Ini baru tahap satu di mana paket bantuannya didoninasi sarana prasarana penunjang di bidang kelautan. Untuk budidaya dan lain-lain, menyusul di tahap selanjutnya,” ungkap eks Kadis PTSP Minut ini.

    Di satu sisi, ia juga mengapresiasi pemerintahan JGKWL yang menurutnya tetap konsisten memberi atensi kepada para nelayan. Karenanya, diharapkan lewat perhatian ini, masyarakat nelayan semakin sejahtera.

    “Mohon dukung terus kepemimpinan JGKWL sehingga boleh terus memberi atensi kepada masyarakat nelayan lewat program bantuan-bantuan nelayan,” ajaknya.

    Berikut rincian paket bantuan yang dianggarkan lewat dana hibah DAK dan DAU:

    Paket bantuan perahu long boat (Berproses).

    Paket bantuan motor tempel (telah diserahkan).

    Paket bantuan alat penangkapan ikan (Telah diserahkan).

    Pembangunan jalan produksi perikanan (Berproses).

    Paket bantuan sarana prasarana budidaya rumput laut (Telah diserahkan).

    Paket bantuan sarana prasarana budidaya air laut (Berproses).

    Paket bantuan sarana prasarana budidaya air tawar (Berproses).

    Pembangunan/rehabilitasi unit pengolahan ikan (UPI) bagi pengolah hasil perikanan (Berproses).

    Rehabilitasi kolam ikan masyarakat pembudidaya ikan (Berproses).

    10. Paket bantuan benih dan pakan ikan (Berproses).

    Sekadar diketahui, turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Alan Mingkid, Kepala Inspektorat, Steven Tuwaidan dan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Minut, Ryke A. A. Lukas. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Joune Ganda Sukses Salurkan Bantuan Kelautan Dan Perikanan, Berbanrol 10 Miliar Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top