• Berita Terbaru

    August 02, 2023

    elnusanews/com , August 02, 2023

    Ironis Kinerja DPRD Tomohon: Rapat Paripurna Sering Molor hingga Batal!





    TOMOHON,Elnusanews - Rapat Paripurna beragendakan Penyampaian/Penjelasan Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kota Tomohon Tahun Anggaran 2024. Yang sejatinya dijadwalkan digelar pada Pukul 10.00 WITA, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tomohon, Selasa (1/8/2023).

    Molor dari waktu yang ditetapkan, bahkan tertunda. Ditundanya pembahasan antar eksekutif dan legislatif ini, jika melihat rekam jejak pembahasan bersama. Notebenenya bukan hal baru terjadi. Tak pelak, keluhan datang dari para pejabat eselon II Pemkot Tomohon.

    "Sebelum Pukul 10.00 WITA, rata-rata pejabat sudah ada di ruang rapat paripurna. Tapi sampai Pukul 16.30 WITA, tidak ada kejelasan. Dan hal ini bukan pertama kalinya," ketua Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tomohon Drs Ventje Karundeng.

    "Tahun lalu juga kalau tidak salah, untuk pembahasan Ranperda Induk APBD Tahun 2023 juga disepakati sampai subuh. Susah kalau begini terus, kan besoknya kita harus masih kerja lagi. Mohon ini juga dimengerti bapak-ibu anggota DPRD," pinta Karundeng.


    Hal yang sama juga dikatakan oleh Staf Ahli Walikota Tomohon Bidang Administrasi dan SDM, Ronald Kalesaran.

    Ia menyatakan bahwa beberapa agenda Paripurna DPRD bukan baru satu atau dua kali molor dari jam sesuai undangan namun sudah sering terjadi bahkan sampai paripurna tersebut batal dilaksanakan.

    "Kami para pejabat eselon dua dan eselon tiga sudah hadir sesuai undangan. Dan tetap stand by menunggu walaupun sampai tengah malam bahkan pernah sampai subuh yang tentunya berdampak pada kami. Karena belum sempat istirahat sudah akan melaksanakan tugas pada pagi hari," ujar Kalesaran.

    Sementera itu,  Sekretaris DPRD Tomohon Steven Waworuntu SSTP, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa berdasarkan keputusan badan musyawarah DPRD Kota Tomohon nomor 14 tentang penetapan agenda kegiatan DPRD Kota Tomohon bulan Agustus. Maka, DPRD telah menetapkan rapat paripurna DPRD dalam rangka penyampaian/penjelasan Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kota Tomohon Tahun Anggaran 2024.

    "Paripurna kemarin, Selasa 1 Agustus 2023 sesuai undangan tentang penyampaian KUA PPAS  2024. Tugas Setwan adalah mempersiapkan seluruh hal-hal terkait  administrasi dan sarana prasarana untuk pelaksanaan paripurna," ujarnya.

    Pengamat Pemerintahan dan Kemasyarakatan Kota Tomohon, Dany Tular pun angkat bicara terkait beberapa agenda paripurna DPRD Tomohon yang sering molor bahkan terjadi pembatalan sepihak oleh fraksi yang memiliki jumlah kursi lebih banyak dari fraksi parpol lain.

    Menyikapi hal tersebut, kata Tular seharus DPRD itu melihat mana yang dominan apakah berpikir kepentingan pelayanan kepada rakyat atau berpikir kepada kepentingan politik.

    "Jadi, alangkah baiknya kami mengimbau dewan harus lihat dimana yang dominan harus mereka dahului baru mereka melakukan. Jadi, jangan  undang jam 10. Jam 10 sudah ada hingga sampai malam. Bahkan tidak ada penyelesaian paripurna. Itu yang kami sesalkan sikap-sikap anggota dewan tersebut," tandasnya.

    Adapun diketahui untuk pelaksanaan Rapat-rapat di DPRD Kota waktu pelaksanaan sesuai Tata Tertib, hari Senin-Kamis mulai Pukul 08.00-17.00 WITA. Sementara untuk hari Jumat mulai Pukul 08.00-14.00 WITA.

    Masyarakat kota Tomohon patut mengetahui bahwa tidak hanya hari ini batal digelar paripurna, namun sering kali rapat molor hingga berjam-jam bahkan batal.

    (roker)









    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ironis Kinerja DPRD Tomohon: Rapat Paripurna Sering Molor hingga Batal! Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top