• Berita Terbaru

    August 22, 2023

    elnusanews/com August 22, 2023

    HUT Minut ke-20 Nanti, Bapenda Siapkan Penghargaan Untuk Desa Yang Lunas Pajak


    MINUT, Elnusanews-- Kabar gembira bagi para Hukum Tua di Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Minut telah menyiapkan hadiah spesial untuk diserahkan bersamaan dengan momen perayaan hari ulang tahun Kabupaten Minut, 20 November mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Bapenda Minut, Christian A Katuuk, SH, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/8/2023) siang.

    "Kemarin di momen tujuh belasan kita serahkan empat puluh lima piagam penghargaan kepada para Hukum Tua yang desanya sudah lunas PBB-P2 tahun 2023. Nah, di momen HUT daerah November nanti, kita juga akan siapkan penghargaan,” kata Katuuk. 

    Dikatakannya lagi, penghargaan tersebut akan diberikan kepada desa-desa yang bisa melunasi PBB-P2 di periode waktu antara Agustus dan November. 

    “Memang jatuh temponya nanti akhir tahun (Desember), namun paling tidak dengan adanya penghargaan ini, teman-teman Hukum Tua boleh termotivasi untuk lebih cepat menyelesaikan kewajibannya (PBB-P2),” sebutnya. 

    Disinggung soal desa-desa yang tidak menuntaskan kewajiban pajak mereka, ia menyebutkan akan jadi piutang untuk tahun berikutnya. 

    “Karena pajak itu sifatnya wajib, dan kalau tidak dibayar tahun ini, maka jadi piutang,” terangnya. 

    Disinggung soal sanksi, dikatakannya lagi jika hingga kini pihaknya masih tekankan pada sanksi denda. 

    “Ada aturan untuk itu (Denda), kalau tidak salah dimulai dari dua persen dan seterusnya tergantung berapa lama berapa lama tertunda pembayarannya,” terangnya lagi. 

    Di satu sisi, ia juga mengimbau warga untuk sadar bayar pajak. 

    “Karena pada prinsipnya pajak itu adalah dari masyarakat dan dikembalikan lagi ke masyarakat itu sendiri lewat program-program pembangunan,” tutupnya. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: HUT Minut ke-20 Nanti, Bapenda Siapkan Penghargaan Untuk Desa Yang Lunas Pajak Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top