• Berita Terbaru

    August 12, 2023

    elnusanews/com , August 12, 2023

    Amazing! Tournament of Flower TIFF 2023 Sukses Digelar dan Tarik Pesona Wisatawan



    TOMOHON,Elnusanews - Tournament Of Flower  (ToF) atau parade kendaraan hias sebagai agenda utama TIFF (Tomohon International Flower Festival) 2023 sukses digelar pada sabtu (12/8/2023).

    Parade kali ini dibuka secara resmi Ketua DPR RI Puan Maharani ditandai dengan pemukulan tambur tarian kabasaran.

    Rangkaian TIFF 2023 yang dilaksanakan 8 - 12 ini bertemakan "Walking Together, Rising Together". Dilaksanakan ke 11 kalinya dari tahun 2008, dan sudah masuk dalam kalender of event. Start dari hanggar yang berlokasikan di Show Window dan finish di Stadion Babe Palar Kota Tomohon.

    Dihadiri oleh para duta besar dan perawakilan negara sahabat, unsur Pejabat Kementerian Lembaga dari pusat dan dearah, Ketua BPMS GMIM Pdt Hein Arina, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, para Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Indonesia, unsur BUMN dan BUMD, para tokoh agama dan masyarakat. Disaksikan juga secara langsung dan daring oleh masyarakat.

    Ketua Panitia TIFF 2023 Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir Ny Rita M Dondokambey - Tamuntuan menyampaikan acara ini bukan hanya parade kendaraan hias tapi merupakan panggung kebudayaan dan promosi pariwisata Kota Tomohon serta momen kebangkitan industry pariwisata Indonesia.


    "Selamat menikmati keseruan TIFF 2023, selamat menyaksikan parade kendaraan hias terbaik di Indonesia. Mari kita melangkah bersama dan bangkit bersama," ungkapnya.

    Walikota Pasadena California Victor Gordo mengatakan kami bangga mendapat kabar dari Walikota Tomohon saat hadir bersama istri tercinta dalam kegiatan rose parade Pasadena  awal tahun ini yang menyampaikan juga tentang keberhasilan penyelenggaraan TIFF di tahun sebelumnya, dan kami dengan penuh suka cita untuk kembali menyampaikan dukungan kami dan doa terbaik kami tahun ini untuk suksesnya TIFF 2023.

    "Kami rakyat dan Kota Pasadena menantikan kesempatan untuk berjalan bersama dan bangkit bersama dengan Tomohon," ujarnya.


    Walikota Tomohon Caroll Senduk menyampaikan bahwa
    Gelaran TIFF 2023 melibatkan seluruh potensi masarakat di Kota Tomohon khususnya dalam iven TOF dimana semua bunga yang digunakan untuk kendaraan hias adalah hasil dari para kelompok petani bunga di Kota Tomohon termasuk para dekorator dari masyarakat Kota Tomohon sehingga secara langsung juga menggerakan perekonomian masyarakat, dengan terserapnya hasil pertanian bunga dan tenaga kerja, disamping itu multiplier effect mempengaruhi sektor lainnya seperti hotel penginapan restoran cafe biro perjalanan wisata dan lainnya.


    "Saya berharap TIFF 2023 ini akan memberi manfaat besar bagi seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon baik sebelum dan sesudah pelaksanaan TIFF 2023.

    Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Sulawesi utara kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas dukungan dari kita semua khususnya para ambassador yang berkunjung ke Sulut.

    "Kurang lebih 42 negara yang berkunjung di Sulut khususnya di Kota Tomohon. Terimakasih juga kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon yang terus menjaga keharmonisan di Kota Tomohon sehingga sangat mendapat perhatian dari lembaga untuk mempredikat Kota Tomohon sebagai Kota Toleran dalam kehidupan berbanbgsa dan bernegara. Para tamu dari luar Sulut yang datang menikmati keindahan Kota Tomohon dan Sulut. Tentunya telah ikut memberikan sumbangsi yang sangat besar di Sulut dan Kota Tomohon," tukasnya.


    Ketua DPR RI Puan Maharani dalam sambutannya mengatakan Festival Bunga Tomohon bukan sekedar pameran bunga, festival ini adalah refleksi dari keberagaman keindahan dan kekayanann alam Indonesia.

    "Kota Tomohon harus selalu berbenah diri dalam membangkitkan potensi pariwisata dalam menyambut wisatawan domestik dan mancanegara. Kami sangat berharap festival ini akan membawa Kota Tomohon Kota Tomohon yang hebat dan kuat yang harmoni dan membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya," pungkasnya.

    (Adv/Kominfo Tomohon)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Amazing! Tournament of Flower TIFF 2023 Sukses Digelar dan Tarik Pesona Wisatawan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top