• Berita Terbaru

    August 17, 2023

    elnusanews/com August 17, 2023

    HUT RI ke-78, Pj Bupati Serahkan SK Remisi Umum Kemerdekaan Kepada Warga Binaan Lapas Tahuna


    Sangihe, Elnusanews- Momentum Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 merupakan moment yang membahagiakan bagi setiap Warga Binaan Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna. Pasalnya, setiap tanggal 17 Agustus para WBP menerima Remisi Umum dalam Rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

    Sebanyak 99 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tahuna menerima Remisi Umum dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/08/2023).

    Didampingi Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, Suharno, Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Rinny Tamuntuan menyerahkan secara langsung SK Remisi Umum kepada 2 orang perwakilan Warga Binaan Lapas Kelas IIB Tahuna dan disaksikan oleh seluruh peserta upacara.

    Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna Suharno mengungkapkan penyerahan Remisi Umum ini disambut dengan meriah dan bahagia oleh Warga Binaan. 

    “Hari ini sejumlah 98 orang Narapidana mendapatkan Remisi Umum I dan 1 orang Narapidana mendapatkan Remisi Umum II. Ini merupakan suatu keberhasilan dalam rangka pembinaan, karena pembinaan kami mengedepankan kekeluargaan dan mewujudkan warga binaan agar bisa tertib, taat hukum, memiliki keterampilan dan siap untuk kembali kekeluarga serta masyarakat seutuhnya dan berguna bagi pembangunan bangsa ini,” ungkap Suharno.

    Untuk Narapidana yang mendapatkan Remisi Umum yakni pengurangan hukuman dari 1 hingga 6 bulan dan sebagai pembina saya merasa bangga, artinya pembinaan kami berhasil sehingga mereka bisa mendapatkan remisi. 

    "Remisi ini bukanlah semata-mata obral untuk pengurangan hukuman, tetapi ini merupakan reward bagi Warga Binaan yang dinilai dengan baik melalui Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN) melalui Teknologi Informasi sehingga mereka mempunyai hak untuk mendapatkan Remisi,” tambahnya.

    "Kedepan kami akan meningkatkan pembinaan kepribadian warga binaan dalam hal keagamaan agar warga binaan mengalami konseling dan pendekatan secara pribadi supaya mereka bisa menjadi pribadi yang semakin baik lagi,” harap Suharno

    Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe Bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

    "Pemerintah pada hari ini memberikan remisi kepada 175.510 orang Narapidana teridiri dari yang mendapat Remisi Umum I (pengurangan sebagian) sebanyak 172.904 orang dan yang mendapat Remisi Umum II, di mana setelah mendapatkan Remisi ini dinyatakan langsung bebas sebanyak 2.606 orang,” ujarnya (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: HUT RI ke-78, Pj Bupati Serahkan SK Remisi Umum Kemerdekaan Kepada Warga Binaan Lapas Tahuna Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top