• Berita Terbaru

    August 10, 2023

    elnusanews/com August 10, 2023

    Wow...! Lagi-Lagi Desa Tumaluntung Kembali Terpilih Memajukan Pariwisata dan UMKM Minut


    MINUT, Elnusanews-- Hukum Tua Desa Tumaluntung  Richard Kamagi, SH dibawah kepemimpinannya kembali menorehkan catatan membanggakan. Diketahui, desa yang terletak di Kecamatan Kauditan ini terpilih jadi salah satu desa yang sementara “dipoles” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI lewat program bertajuk Desa Wisata. 

    Ini terlihat lewat kehadiran Kamagi Cs di kegiatan Bimtek Beli Kreatif Desa Wisata (BetiDewi) Naik Kelas, yang digelar di salah satu hotel di Kota Tomohon, Sulut, Selasa (8/8/2023) pagi hingga sore. 

    Hukum Tua Icad, sapaan akrabnya, saat dikonfirmasi, tidak menampik hal ini. 

    “Ya, ada empat desa di Minut yang masuk program ini (BetiDewi), dan puji Tuhan desa Tumaluntung menjadi salah satunya,” kata Icad.

    Dikatakannya lagi, masuknya Tumaluntung di daftar desa wisata akan menjadi salah satu momentum berharga dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. 


    Karena dengan begitu, sambung dia, akan memberi efek multi player kepada masyarakat khususnya para pelaku ekonomi di desa. 

    “Nah, khusus untuk desa Tumaluntung, salah satu fokus kita lewat program ini adalah peningkatan ekonomi di sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah),” sebutnya.

    Dibeberkannya, saat ini di desa Tumaluntung terdapat sejumlah produk UMKM yang bisa dibilang tidak ada di wilayah lain, sehingga diyakini mampu memberi daya pikat kuat terhadap wisatawan. 

    “Di antara beberapa produk UMKM yang ditawarkan, kita punya Cap Tikus Mix Tumaluntung dan Wine khas Tumaluntung yang terbuat dari fermentasi buah Murbei serta masih banyak produk lainnya, yang juga tak kalah menjual,” urainya. 

    Nah, mengacu ke hal-hal di atas, Hukum Tua yang pernah menyabet predikat ASN terbaik utusan Kabupaten Minut ini meyakini desa Tumaluntung mampu memenuhi target yang telah diusung penggagas program BetiDewi ini. Bukan tanpa alasan, salah satunya menurut dia ialah sinergitas yang telah terbangun selama ini bisa dijadikan modal kuat mewujudkan target pergerakan wisatawan nusantara Tahun 2023. 

    “Belum lagi dukungan, support dari Pemkab Minut khususnya Pak Bupati (Joune JE Ganda) yang terus mengalir ke kita,” kuncinya. 

    Sekadar diketahui, kegiatan yang dipusatkan di Kota Tomohon terdiri dari Bimtek on-boarding paket-paket wisata pada Online Travel Agent mitra Kemenparekraf. Selain itu, juga membahas kunjungan Menparekraf untuk meninjau paket-paket wisata dan ekonomi kreatif desa wisata. Perlu diketahui pula, tahun 2023 ini ditargetkan bisa terbentuk 100 desa wisata di Seluruh Indonesia, dan kini desa Tumaluntung dan 3 desa lainnya di Minut sudah masuk daftar tersebut. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wow...! Lagi-Lagi Desa Tumaluntung Kembali Terpilih Memajukan Pariwisata dan UMKM Minut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top