• Berita Terbaru

    August 31, 2023

    elnusanews/com , August 31, 2023

    Sosialisasi Pengelolaan Informasi Adminduk Forum yang Tepat dan Strategis



    TOMOHON,Elnusanews – Wali Kota Tomohon Caroll Senduk yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakot Tomohon Masna Pioh, membuka kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, di Aula Lantai III Mal Pelayanan Publik (MPP) Rabu (30/8/2023).

    Tampil sebagai narasumber Frangky Lantang dan diikuti oleh Direktur Rumah Sakit Anugerah Tomohon, Camat dan Lurah se- Kota Tomohon.


    Dalam sambutannya wali kota menyebutkan sosialisasi pengelolaan informasi administrasi kependudukan terkait standar pelayanan administrasi kependudukan serta digitalisasi pelayanan pemerintahan berbasis data kependudukan, merupakan forum yang tepat dan strategis.

    Terlebih apabila dihubungkan dengan e-government dan pelayanan publik, dimana pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menerapkan perubahan terhadap efisiensi, efektifitas dan transparansi dengan memberikan pelayanan secara elektronik sebagai basis perwujudan tata laksana pemerintahan yang baik.


    “Standar pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur, sebagaimana dalam pasal 1 ayat (7) undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik,” kata Masna Pioh ketika membacakan sambutan tersebut.

    Ada 14 komponen standar pelayanan merupakan komponen wajib minimal yang harus ada dalam sebuah penyelenggara pelayanan publik sesuai peraturan menpan-rb nomor 15 tahun 2014 tentang standar pelayanan public (service delivery )
    proses penyampaian pelayanan:

    persyaratan;
    2.sistem, mekanisme dan prosedur;
    3.jangka waktu pelayanan;
    4.biaya/tarif;
    5.produk layanan;
    6.penanganan pengaduan
    dan saran manufacturing
    (proses pengelolaan
    internal organisasi)
    dasar hukum;
    sarana prasarana;
    kompetensi pelaksana;
    pengawasan internal;
    jumlah pelaksana;
    jaminan pelayanan;
    jaminan keamanan dan
    keselamatan pelayanan;
    evaluasi kinerja
    pelayanan.

    Ikut pula hadir Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tomohon Albert Tulus, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon Mariam Rau, serta jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tomohon.

    (roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sosialisasi Pengelolaan Informasi Adminduk Forum yang Tepat dan Strategis Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top