• Berita Terbaru

    December 15, 2014

    elnusanews/com , December 15, 2014

    Gembong Pemalsu KTP di Bekuk Polres Bitung


    KTP Palsu Yang Sempat Beredar di Wilayah Kota Bitung
    BITUNG, Elnusanews-Beredarnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu pekan ini, di Kota Bitung, yang sangat meresahkan warga Bitung dibongkar oleh aparat kepolisian polres bitung senin 15/12.

    Sekretaris Discapilduk Kota Bitung, Albert Ukus, saat dikonfirmasi di Polres Bitung mengatakan,kedua pria tersebut, JT alias Je, warga Kelurahan Apela II, Lingkungan II, Kecamatan Ranowulu dan JS alias Jem, warga Kelurahan Manembo-nembo Atas, Lingkungan I, Kecamatan Matuari, diringkus saat hendak menjual KTP palsu racikan mereka.

    "Je dan Jem tertangkap tangan Senin 15/12 di kompleks PT Perikani, Kelurahan Aertembaga, Kecamatan Aertembaga, bersama barang bukti 61 buah KTP palsu yang siap edar. Puluhan KTP palsu itu sedianya akan diserahkan kepada pemesan,"kata Ukus.

    Menurut Albert yang turun melakukan penangkapan bersama seorang perwira di Sat Intel Polres Bitung, kepastian KTP yang dibawa Je dan Jem palsu, diperoleh setelah dilakukan pemeriksaan. Selain kertas yang digunakan tidak sama dengan asli, unsur lain terlihat dari Nomor Induk Kepegawaian (NIK) yang tidak sesuai serta tandatangan Kepala Discapilduk Bitung, Efrainhart Lomboan.

    "Setelah dicek, NIK di KTP itu memang tidak terdaftar di database,"beber Ukus.

    Kapolres Bitung AKBP Hari Sarwono SIK M,hum melalui, Kasat Reskrim Polres Bitung, AKP Rivo Malonda SE, mengatakan siapa saja yang berada di balik kasus ini. Tak cuma pembuat, pemesan KTP palsu akan ditindak tegas.

    "Saat ini masih dalam penyelidikan. Yang jelas, sesuai aturan dalam Pasal 263 KUHP maupun Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, siapapun yang terbukti terlibat dalam praktek ini harus bertanggungjawab,"tegas Riv. (REGO)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gembong Pemalsu KTP di Bekuk Polres Bitung Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top