• Berita Terbaru

    December 17, 2014

    elnusanews/com , December 17, 2014

    Kansil Hadiri Upacara Peringatan Hari Nusantara ke-15

    Wagub Kansil, Irup Pada Upacara Peringatan Hari Nusantara ke - 15
    BITUNG, Elnusanews- Sekertaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang, menghadiri Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Nusantara ke-15 yang dilaksanakan di depan kantor Dinas Perikanan dan Kelautan kota Bitung, dimana Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara DR. Djouhari Kansil, MPd bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Rabu 17/12.

    Pada upacara yang berlangsung penuh khidmat tersebut.
    Dalam amanatnya Kansil membacakan sambutan Menteri Perikanan dan Kelautan RI Susi Pudjiastuti, yang menuturkan bahwa Perayaan Hari Nusantara adalah momentum yang dapat mengingatkan kita akan kekayaan Bangsa Indonesia, yaitu sumber daya laut yang luar biasa dan suatu bentuk penghormataan atas kedaulatan Bangsa Indonesia sebagai negara maritim.

    "Indonesia sebagai negara kepulauan merupakan suatu wilayah kesatuan laut nusantara (mare nostrum), untuk mempertahankannya yaitu dengan adanya pengakuan Indonesia yaitu The Biggest Archipelagic State, 1982 dalam konvensi hukum laut internasional." tutur Kansil

    Senada dengan itu menurut Humiang, Peringatan Hari Nusantara ke-15, Bangsa Indonesia diharapkan dapat melihat dirinya sebagai poros maritim dunia, kekuatan diantara dua samudra.  Dan agenda pembangunan nasional harus ditopang oleh lima pilar utama yaitu pembangunan budaya maritim, komitmen menjaga dan mengelola sumber daya laut dengan fokus membangun kedaulatan pangan laut, komitmen mendorong pengembangan infrastrukstur dan konektivitas maritim, diplomasi maritim yang mengajak semua mitra indonesia untuk bekerjasama pada bidang kelautan dan membangun kekuatan pertahanan maritim" tutup Humiang. (REGO)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kansil Hadiri Upacara Peringatan Hari Nusantara ke-15 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top