• Berita Terbaru

    December 12, 2014

    elnusanews/com , December 12, 2014

    Sondakh Terapkan LAKIP Kepada SKPD

    Sondakh Pimpin Rapat Evaluasi LAKIP 
    BITUNG, Elnusanews-Dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan lemahnya Implementasi  sistem kinerga SKPD terhadap Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (LAKIP), maka Walikota Bitung Hanny Sondakh menggelar rapat evalusi bersama seluruh SKPD bertempat Ruang Sidang Lantai IV Pemkot Bitung Jumat 12/12/2014.

    Dalam Rapat Sondakh menerapkan teknis (Sistim Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan) yang akuntabel.

    "Ia mengajak SKPD wajib menjalankan perencanaan strategis kinerja, dan pengukuran Kinerja Laporan kinerja dan pemanfatan informasi kinerja,"tegasnya

    Adapun pokok persoalan yang harus dibenahi yakni Pertanggung jawaban Kinerja SKPD Pemerintah Kota Bitung yang telah direncanakan yakni Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Penetapan Kerja(PK)) belum Akuntabel.Disamping itu, Penyusunan Indikator Kinerja SKPD Pemerintah Kota Bitung belum tepat sasaran yang ada pada Renstra. SKPD belum memiliki Indikator Kinerja Utama sebagai alat ukur kinerja sehingga belum optimal dan sulit untuk dijadikan bahan peningkatan kinerja maupun perubahan organisasi,"tutur Sondakh, Jumat (12/12/).
    Adapun analis yang perlu diperhatikan yakni pemantapan implementasi Sistem AKIP di dalam perencanaan, pengukuran serta pelaporan kinerja SKPD untuk mencapai hasil yang telah ditetapkan dan untuk peningkatan Kinerja maupun perubahan Organisasi.Sehubungan dengan hal dimaksud disarankan kepada Bapak Sekretaris Daerah Kota Bitung untuk membentuk Tim Pemantapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota bitung,"jelas Sondakh.

    Sementara Sekretaris Kota Bitung Drs, Edison Humiang MSi. menambahkan, bahwa untuk mewujudkan Kinerja SKPD yang Akuntabel perlu juga menetapkan Indikator Kinerja Utama SKPD yang sesuai dengan sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam Renstra SKPD, Juga perlu adanya Fasiltasi, Monitoring dan Evaluasi dalam mengimplementasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di setiap SKPD,"harap Humiang. (REGO)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sondakh Terapkan LAKIP Kepada SKPD Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top