• Berita Terbaru

    December 15, 2014

    elnusanews/com , December 15, 2014

    Gubernur SHS Hadiri Perayaan Hari Nusantara Tingkat Nasional 2014

    Gubernur SHS, Melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) tentang pengembangan potensi kawasan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI)  II Senin (15/12), Di kotabaru Kalimantan Selatan.

    KOTABARU KALSEL,Elnusanews - Gubernur Sulawesi Utara DR. Sinyo Harry Sarundajang menghadiri perayaan Hari Nusantara Tingkat Nasional 2014 yang dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, Senin (15/12) Di kotabaru Kalimantan Selatan.

    Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi memimpin acara Hari Nusantara Tingkat Nasional 2014 di pantai Saring Laut, Kotabaru. Di acara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi, M Nasir dan pejabat lainnya menyambut kedatangan Presiden dan rombongan. 

    Hari Nusantara merupakan peringatan  Deklarasi Djoeanda oleh Perdana Menteri Ir Djoeanda terkait wilayah teritorial laut RI pada 13 Desember 1957, yang menandai 12 mil batas lebar laut wilayah Indonesia dari garis pantai dari sebelumnya hanya 3 mil.

    Dengan penetapan 12 mil wilayah laut dari garis pantai Indonesia, wilayah teritorial laut dari kepulauan di Indonesia disatukan. Hari Nusantara dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat.

    Momentum peringatan Hari Nasional sangat penting dan sejalan dengan program Presiden Jokowi yang akan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan pengembangan potensi kelautan. Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember merupakan penegasan dan pengingatan bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia. Sayangnya, potensi sumberdaya kelautan Indonesia sebesar kurang lebih 3000 triliun rupiah/tahun belum tergarap secara maksimal. Laut belum dilihat sebagai sumber pertumbuhan, penciptaan lapangan kerja, dan pemecah masalah kemiskinan. Sehubungan dengan hal tersebut.

    Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (mou) tentang pengembangan potensi kawasan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI)  II oleh 11 Gubernur termasuk Gubernur Sulawesi Utara. MOU dimaksud adalah untuk pengembangan potensi kawasan ALKI di bidang riset dan tehnologi, pariwisata, perdagangan, infrastruktur dan lingkungan hidup. Juga digagas pembentukan forum komunikasi daerah di kawasan ALKI. (roker)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur SHS Hadiri Perayaan Hari Nusantara Tingkat Nasional 2014 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top