• Berita Terbaru

    February 17, 2016

    elnusanews/com , , , , , , February 17, 2016

    Lantik Bupati dan Walikota, Gubernur Minta Kabupaten Kota Tetap Bersinergi dengan Pemprov

    SULUT,Elnusanews - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, sebelum melantik dan mengambil sumpah lima Bupati dan Walikota periode 2016-2021 di graha Bumi beringin Manado, Rabu (17/02)  sore tadi, terlebih dahulu di kediaman Gubernur Bumi Beringin Manado, telah menyerahkan petikan Keputusan Mendagri RI Tentang Pengangkatan sebagai Bupati/Walikota kepada Jimmy f Eman Cs. 
     
    Namun sebelum menyerahkan petikan Mendagri itu Gubernur  sempat bertanya apakah Bupati/Walikota bersedia bekerjasama dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, kelima Bupati/Walikota tersebut menyatakan “siap bekerjasama” mendengar pernyataan ini, maka Gubernur langsung menyerahkan petikan Keputusan Mendagri tersebut satu persatu yang di mulai dari Bupati Bolsel Herson Mayulu, Wabup Iskandar Kamaru, Bupati Boltim Sehan Landjar, Wabup Rusdi Gumalangit, Walikota Tomohon Jimmy Eman, Wawali Syerly Sompotan, Bupati Minut Vonnie Panambunan, Wabup Joppi Lengkong, Bupati Minsel Christiany Paruntu, Wabup Frangky Wongkar. 
     
    Saat menyampaikan sambutan, Gubernur menegaskan beberapa hal agar Kabupaten/Kota harus bersinergi dengan Pemprov terutama dalam mensolusikan pekerjaan rumah yang sampai saat ini belum terselesaikan diantaranya memerangi kemiskinan dan pengangguran, memastikan ketahanan pangan terutama bagi putra putrid sulut yang merupakan masa depan kita, membangun dari pinggiran, dan memastikan kedaulatan pangan, energi serta maritim di wilayah kepulauan dan perbatasan.
     
    Guna menjawab itu semua, maka dalam waktu singkat para kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kabupaten/Kota harus mampu melakukan konsolidasi internal dalam tubuh jajaran pemerintahan, sekaligus menggalang sinergitas kerja dengan stakeholders pembangunan lainnya, ujar Dondokambey.
     
    Selian itu diingatkan, agar kepala daerah dan wakil kepala daerah harus bangun hubungan yang harmonis, saling mendukung dan menopang satu dengan yang lain agar tidak terjadi Miss Interpretasi dan retak ditengah jalan. Telah ada pembangian tugas tugas,wewenang, kewajiban dan hak yang jelas antara kepala daerah dan wakilnya sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.  
     
    Saudara juga harus mampu merealisasikan visi yang diusung, melalui program kerja secara bertahap setiap tahunnya selama lima tahun mendatang, yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi daerah, serta sinergitas dengan arah pembangunan bangsa saat ini, yakni Nwacita, tandas orang nomor satu di tubuh PDIP Sulut ini.

    Disela-sela pelantikan Bupati/Walikota juga Ketua TP.PKK Sulut Ibu Ir. Rita Dondokambey Tamuntuan telah melantik lima Ketua TP. PKK kabupaten/kota. Turut hadir Wagub Drs Steven Kandouw, Wakil Ketua TP. PKK Sulut dr Devi Kartika Kandouw Tanos, Unsur Forkopim Provinsi dan kab/kota, Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut dan kabupaten/kota, KPU dan Bawaslu Sulut serta para pejabat Pemprov dan kabupaten/kota serta undangan lainnya. 

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lantik Bupati dan Walikota, Gubernur Minta Kabupaten Kota Tetap Bersinergi dengan Pemprov Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top