• Berita Terbaru

    July 25, 2018

    elnusanews/com , July 25, 2018

    Malam Baku Dapa Kawanua di Balikpapan , Walikota Vicky Lumentut Ajak Ramaikan Manado Fiesta 2018

    Balikpapan,Elnusanews - Malam baku dapa warga Kawanua di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, dengan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, berlangsung di Hotel Platinum Jalan Soekarno Hatta Balikpapan, Rabu (25/07/2018) malam. Pertemuan penuh keakraban dengan nuansa kekeluargaan sesama orang Manado itu, dimanfaatkan Walikota Vicky Lumentut untuk mensosialisasikan pelaksanaan iven pariwisata Manado Fiesta 2018 yang digelar 31 Agustus sampai 9 September mendatang. 
    Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Manado tersebut mengundang warga Kawanua yang tinggal di Balikpapan untuk datang ke Manado dan meramaikan iven tahunan Manado Fiesta. "Ini kedua kalinya kami menggelar iven pariwisata Manado Fiesta. Tahun lalu (2017) Kota Manado sangat ramai dengan warga Kawanua yang pulang kampung, tahun 2018 ini saya berharap banyak orang Manado yang datang meramaikan Manado Fiesta," ujarnya. Dikatakan, ada tujuh Festival yang dilaksanakan dalam iven pariwisata itu. Puncaknya, hari Minggu tanggal 9 September digelar pengucapan syukur atau Thanksgiving Kota Manado. "Kalau di Minahasa atau di Minsel (Minahasa Selatan), Minut (Minahasa Utara), Mitra (Minahasa Tenggara), Bitung dan lainnya ada perayaan pengucapan syukur, di Manado kami juga melaksanakan pengucapan tapi agak berbeda. Makanya kami namakan Thanks Giving Kota Manado," tukas Walikota Vicky Lumentut.
    Dijelaskan, keunikan Thanks Giving Kota Manado karena perayaan pengucapan syukur digelar semua golongan agama yang ada di Manado. "Perayaan pengucapan syukur di Kota Manado tidak hanya dilakukan umat Kristen saja tetapi semua umat beragama. Ada Muslimnya, Hindu, Buddha, Konghuchu, Katolik dan Kristen Protestan," tandas Walikota Vicky Lumentut. Olehnya, Walikota dua periode itu kembali mengajak warga Kawanua di Kota Balikpapan menyisikan waktu pulang ke Manado. "Saya ajak orang-orang Balikpapan asal Manado agar rame-rame sisikan waktu pulang kampung di Manado pada tanggal 31 Agustus sampai 9 September. Selasa kemarin juga, kami barusan mengajak warga kawanua yang ada di Kota Tarakan Kalimantan Utara bersamaan digelarnya Apeksi atau Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ke XIII untuk bisa pulang kampung. Mari Jo Ka Manado, torang tunggu kehadiran warga kawanua di Balikpapan," ajak Walikota Vicky Lumentut. Tampak hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi IX DPR RI Antonius Hencak, Penasehat Kawanua Balikpapan Joppy Nelwan, Ketua Komando Pasukan Adat Dayak DR Abriantinus serta ratusan warga Balikpapan asal Manado. 
    Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Balikpapan Drs Hendrik yang datang mewakili Walikota Balikpapan. Mendampingi Walikota Manado Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Roy Lengkong STh, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Manado Pdt Renata Ticonuwu STh, ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Manado Drs Albert Wuysang, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Manado James Karimda SH MH, pejabat dilingkup Pemerintah Kota Manado serta sejumlah rekan Pers Pos Liputan Pemkot Manado. Kemeriahan acara Malam Baku Dapa sekaligus sosialisasi Manado Fiesta 2018 di Balikpapan itu, diramaikan dengan berbagai atraksi budaya maupun dance modern. (moris*)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Malam Baku Dapa Kawanua di Balikpapan , Walikota Vicky Lumentut Ajak Ramaikan Manado Fiesta 2018 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top