• Berita Terbaru

    July 31, 2018

    Elnusa News July 31, 2018

    Speeboat Puskesmas Likupang Hancur Diterpa Ombak

    MINUT, Elnusanews-- Speedboat Puskesmas Keliling Likupang yang biasanya digunakan untuk transportasi ke Pulau Gangga, Bangka, Talise (GABATA) dan melayani beberapa desa di Kecamatan Likupang Timur dan Likupang Barat hancur disapu ombak.

    Alat transportasi laut ini hancur diterpa ombak saat ditambatkan di wilayah muara sungai Desa Kampung Ambon Kecamatan Likupang Timur.

    Hal ini membuat pelayanan kesehatan di beberapa desa terhambat. Warga Desa Kinabuhutan, Libas, Aerbanua, Wawunian, Lihunu, Kahuku, Ehe, Gangga 1 dan Gangga 2 harus mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit untuk mencapai Puskesmas di Desa Likupang 1 Kecamatan Liktim.

    Kepala Puskesmas Likupang dokter Ronald Wurangian membenarkan akan kondisi kerusakan speedboat ini.

    “Speedboat yang biasanya digunakan hancur diterpa ombak saat ditambatkan di sungai Desa Kampung Ambon. Kondisi ini membuat kami cukup kesulitan melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jika menggunakan speedboat dinas yang ada , untuk dua hari keliling melakukan pelayanan kami mengeluarkan biaya sebesar Rp 1 juta, sedangkan saat ini, sedikitnya kami harus menyewa perahu selama dua hari dengan biaya Rp 3 sampai 4 juta,” terang dokter Wurangian.

    Menurut Wurangian, kondisi ini sudah berlangsung sebulan lebih. Pihaknya telah mengajukan pengajuan penggantian ataupun perwatan namun saat ini masih sedang berproses.

    Terpisah Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan langsung menyetujui pengusulan pengadaan 2 unit speedboat untuk Puskesmas Keliling Likupang.

    “Kalau memang seperti itu kondisinya, silahkan diusulkan. Hal ini untuk kepentingan masyarakat yang tinggal di pulau, agar mereka bisa cepat menerima pengobatan dan perawatan jika sakit,” kata Panambunan beberpa waktu lalu, usai kunjungan di Pulau Bangka dan Gangga.

    Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dr Rina Widyati saat dikonfirmasi membenarkan akan kondisi speedboat Puskesmas Keliling Likupang ini.
    “Untuk perwatan tidak termasuk dalam katalog, akibatnya tidak bisa dimasukan ke anggaran perubahan, untuk. Apalagi kondisi kerusakan sudah termasuk kategori berat karena bodi dan mesin hancur. Untuk itu kami mengusulkan pengadaan 2 unit speedboat yang akan ditata pada tahun 2019 nanti. Jadi kami minta warga mmasyarakat kepulauan untuk bersabar. Diusulkan 2 unit karena letak desa yang ada di Likupang Timur dan Likupang Barat cukup berjauhan,” imbuh kadis sambil meminta masayarakat di kepulauan Likupang agar bersabar, karena anggaran untuk sewa perahu saat melakukan pelayanan memang disediakan. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Speeboat Puskesmas Likupang Hancur Diterpa Ombak Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top