• Berita Terbaru

    August 19, 2019

    elnusanews/com August 19, 2019

    PEMPROV SULUT SUKSES GELAR PERAYAAN 74 TAHUN INDONESIA MERDEKA

    Gubernur Sulut Olly Dondokambey
    SULUT,Elnusanews - Puncak peringatan detik-detik Proklamasi HUT Republik Indonesia (RI) ke-74 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terlaksana dengan sukses dan spektakuler dengan melibatkan masyarakat umum dan para pedagang makanan gerobak yang juga tak kalah hebohnya dihadiri juga deratan artis penyanyi papan atas Andre Hehanusa dan di lanjutkan dengan prosesi tos kenegaraan dan pemasangan lilin HUT RI yang dipimpin langsung Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, pada Jumat (17/08/2019) malam di Tribun Utama Lapangan KONI Sario Manado.


    Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara, Letkol Nur Subagio dan Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw. Tepat pukul 10.00 prosesi pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan oleh 30 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 15 Kabupaten dan Kota se-Sulut, Danpok 17 Al Gufransyah Dade, Danpok 8 Fadly Akili, pembawa baki bendera Yosua Dewa dan pengerek bendera Daniel Tatipang.


    Yang diakhir kegiatan pengibaran tersebut dilanjutkan dengan penyerahan Tanda Penghargaan Lencana Melati kepada Wagub Kandouw yang dikalungkan langsung oleh Gubernur Olly yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sulut. Dimana sesuasi itu Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Kandouw melangsungkan resepsi kenegaraan bersama para Legiun Veteran di Aula Eks Kantor DPRD Sulut di Sario.


    Selanjutnya, pada sore hari sekitar pukul 17.00 Wita oleh Gubernur Olly kembali Irup pada agenda kenegaraan Penurunan Bendera Merah Putih yang usai itu memimpin prosesi pemasangan lilin HUT RI ke-74 dan 'Tos Kenegaraan' bersama para pejabat dan seluruh elemen masyarakat Sulut yang hadir saat itu.Gubernur Olly saat diwawancarai wartawan, memberikan ucapan selamat HUT kemerdekaan RI ke-74 bagi seluruh rakyat Indonesia dan khususnya warga Sulawesi Utara sambil berharap pada momentum kali ini, warga Sulut untuk selalu menjaga keamanan dan persatuan yang telah terjalin baik selama ini. "Mari jaga persatuan dan kesatuan serta mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif," terang Olly.


    Tak lupa juga Gubernur mengapresiasi kepada jajaran Forkopimda dan seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 tingkat provinsi Sulut. "Apresiasi buat seluruh pihak sehingga upacara kali ini berjalan baik dan sukses," ungkapnya.

    Masih rangkaian Peringatan HUT RI Ke 74, pemerintah Olly Dondokambey melalui Wagub Sulut Steven Kandouw menyerahkan Remisi Bagi Napi se-Sulut. Ini merupakan upacara bersama Pemberian Remisi dari Kemenkum-HAM RI. Dengan total secara keseluruhan yang mendapat remisi se-Sulut berjumlah 1597 narapidana, terdiri dari remisi umum 1 sebanyak 1580 orang dan 17 narapidana untuk remisi umum 2 (langsung bebas). Dan sebagai wujud kepedulian dan memberikan motivasi sekaligus kado Proklamasi RI, bagi 17 narapidana yang langsung menghirup udara bebas, Wagub Kandouw pun menanggung biaya transportasi mereka untuk kembali ke kampung atau ke rumahnya masing-masing.

    “Ini bagian dari dukungan dan motivasi bagi warga binaan yang telah bebas, agar dapat memulai hidup baru lebih baik lagi ke depan,” ucap Wagub Kandouw usai upacara.
    Sementara itu sambutan Menkum-HAM RI yang dibacakan Wagub Kandouw, secara garis besar menekankan bahwa semangat Kemerdekaan RI perlu terus dijaga dalam semua aspek. Begitu pun bagi warga binaan yang menerima remisi adalah bagian dari apresiasi pemerintah untuk memberikan dukungan kepedulian pada warga binaan.
    “Ini juga bentuk apresiasi pemerintah agar dapat memperbaiki prilaku lebih baik di waktu mendatang,” kata Wagub Kandouw. Adapun Wagub Kandouw sendiri mendapat sambutan hangat dari warga binaan, terutama yang akan bebas. “Terima kasih pak Wagub, atas bantuan uang transportasinya,” kata salah satu napi.

    Pelaksanaan upacara berlangsung khidmat dengan diikuti penghuni Lapas dengan jumlah 550 warga binaan itu. Menariknya para petinggi Kanwil Menkum-HAM Sulut dan jajarannya, serta petugas Lapas mengenakan pakaian adat khas Sulut saat mengikuti upacara bendera. Turut hadir sejumlah pejabat eselon 2 Pemprov Sulut.


    Sebelumnya, pada Jumat (16/8/2019) malam, peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Utara ditandai dengan upacara Pawai Taptu. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Mapolda Sulawesi Utara. Dihadiri Wakil Gubernur Sulut Steven O. E. Kandouw Forkopimda Sulut Asisten Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang, M.Si, Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Muhamad Rudi Mokoginta.


    Menurut Wagub Kandouw kemerdekaan tidak dapat dengan mudah itu melalui proses pengorbanan, air mata darah bahkan jiwa. “Melalui Taptu mengingatkan kita semua bagaimana jasa jasa para Founding Father kita yang dulu memproklamirkan republik ini jadi tidak serta merta tapi melalui proses perjuangan” Kata Steven Kandouw.Pawai Taptu merupakan pawai berjalan kaki dengan membawa alat penerangan obor, yang diadakan tiap tahun dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Dr. Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, M.Si, peserta terdiri dari personel TNI-Polri, instansi pemerintah, pelajar dan gerakan pramuka. Pawai diawali dengan pemasangan api obor oleh Kapolda Sulut kepada perwakilan peserta. Setelah obor peserta seluruhnya menyala, dilangsungkan dengan pelepasan pawai oleh Wagub Steven O. E Kandouw, Kapolda Sulut bersama Forkopimda. Pawai ini bertujuan untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, khususnya di daerah Sulawesi Utara. 


    Diketahui, rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 ini, Pemprov Sulut telah menggelar sejumlah rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT RI itu diantaranya, melaksanakan pengukuhkan 30 anggota Paskibraka di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, menyaksikan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo bersama anggota DPRD Sulut dan Forkompimda, Pelepasan Pawai Obor di Polda Sulut bersama Kapolda, oleh Wakil Gubernur Steven Kandouw, serta menggelar Lomba Gerak Jalan 8 km, 17 km dan 45 Km, yang diikuti Wagub Steven Kandouw sebagai peserta lomba. Sedangkan pada lomba jalan sehat yang lain, pesertanya datang dari pihak sekolah, SKPD serta umum, dan Apel Kehormatan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado.
    (Advetorial Biro Protokol dan Hubmas Setdaprov Sulut)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PEMPROV SULUT SUKSES GELAR PERAYAAN 74 TAHUN INDONESIA MERDEKA Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top