• Berita Terbaru

    August 17, 2019

    elnusanews/com , August 17, 2019

    Rangkaian Peringatan HUT RI ke 74 di Kabupaten Minahasa

    MINAHASA, Elnusanews - Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Repoblik Indonesia (RI) ke 74, Sabtu 17/8/2019. Peringatan yang diawali dengan upacara pemberian remisi di lapas kelas IIB Tondano pada pukul 07:00 pagi, dipimpin oleh Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si dilanjutkan dengan parade penjemputan Dokumen Negara pada pukul 08:00 oleh pasukan paskibraka Kabupaten Minahasa di Rumah dinas Bupati. Selanjutnya dihantarkan ke lokasi tempat digelarnya upacara peringatan detik-detik proklamasi di Lapangan manguni sasaran Tondano. 


    Tepat Pukul 09.00 Wita, iring–iringan Pemerintah Kabupaten Minahasa baik Bupati Royke Roring didampingi Ketua TP PKK Minahasa Ny Fenny Roring–Lumanau serta Wakil Bupati Robby Dondooambey didampingi Wakil Ketua TP PKK Ny Martina Dondokambey–Lengkong memasuki Area Panggung Kehormatan di lapangan Maesa Tondano dan Perwira Upacara adalah Kapten Inf Maxen Mentang mengambil alih jalannya upacara. 


    Makna Detik – detik Proklamasi yang dibacakan oleh Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, ini lebih terasa hikmatnya saat derap langka Paskibraka memasuki lapangan Upacara, dengan Formasi Barisannya 17, 08 dan 45, yaitu pasukan 17 dan 08 merupakan perutusan dari setiap Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Minahasa serta dibantu TNI-Kodim 1302 Minahasa serta Anggota Polres Minahasa. 


    Monika Gabriela Lantang Siswi SMA Negeri 3 Tondano, putri pasangan Jotje Bastian Lantang dan Pdt Magtje Korompis wanita pembawa baki pun menjadi pusat perhatian para peserta upacara, dengan langkah pasti menaiki panggung kehormatan dan menjemput sang Merah Putih di tangan Inspektur Upacara Royke Roring MSi yang juga di masa pemerintahannya sebagai Bupati merupakan kali pertama menyerahkan Bendera Kebanggaan Indonesia dalam peringatan HUT Kemerkekaan RI. 


    Diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dikumandangkan SMA Negeri 3 Tondano, Bendera Merah Putih berkibar dengan gagahnya ditiang Bendera yang dikibarkan tiga anggota Paskibraka. 


    Usai Upacara Peringatan Pengibaran Bendera Merah Putih, ROR-RD melanjutkannya ke Upacara Ziara ketaman makam pahlawan Nasional Dr. GSSJ Ratulangi dan tampil sebagai Inspektur Upacara Plh Kejaksaan Negeri Minahasa Fien Rring, yang dirangkaikan dengan tabur bunga ke makam pahlawan kebanggan Minahasa itu. 


    Sebagai Ungkapan syukur atas penyertaan Tuhan sepanjang siang hari itu, Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Minahasa menggelar jamuan kasih bersama Para pejuang Veteran Minahasa di Rumah Dinas Bupati. Bupati Ir.Royke Oktavian Roring Pun kembali menjadi Inspektur upacara penurunan Bendera Merah Pukul 16.30 Wita. 


    Dan Puncak Kegiatan Peringatan HUT Proklamasi RI ke–74 berakhir dalam Toast Kenegaraan Kemerdekaan pukul 19.00 Wita di Rumah Dinas Bupati Sasaran Tondano. Juga dilakukan ibadah syukur bersama dan dilanjutkan dengan sambutan Bupati Minahasa dan peniupan lilin HUT ke 74 RI, serta dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan bagi seluruh siswa Paskibraka. 


    “Peringatan kemerdekaan tahun ini hal yang istimewa karena untuk pertama kalinya bagi kami, bupati dan wakil bupati saat memimpin Kabupaten Minahasa,” ungkap Bupati ROR. 


    “Kiranya menjadi momentum introspeksi, rekonsiliasi dan koreksi diri dalam mereview setiap upaya dan karya yang telah kita abdikan sekaligus menyatukan semangat kebersamaan merespons dinamika yang terjadi sekarang dan yang akan datang,” ujarnya lagi. 


    Hadir dalam rangkaian kegiatan sepanjang hari itu, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng dan para Asisten Sekdakab Minahasa, serta jajaran pejabat Pemkab dan dari unsur Forkopimda yaitu Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK bersama isteri, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo, S.Sos bersama isteri, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sujatmiko SH MH dan Plh Kejari Minahasa Fien Ering SH MH, Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw, para Komisioner KPU Minahasa Ketua Lord Arthur Malonda SPd, para Anggota Bawaslu Rendy Umboh, serta para undangan dan warga. 

    (Advetorial/jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rangkaian Peringatan HUT RI ke 74 di Kabupaten Minahasa Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top