• Berita Terbaru

    March 10, 2020

    elnusanews/com March 10, 2020

    Sulut Pilot Project Kartu Prakerja, Tumundo: 2.000-an Pencaker Sudah Mendaftar

    Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut Erny Tumundo.

    SULUT,Elnusanews - Sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada para pencari kerja (Pencaker) atau tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), Pemerintah menyiapkan Kartu Prakerja.
    "Kartu ini juga bermanfaat bagi pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja. Karena manfaat yang didapatkan tidak saja Pelatihan Gratis tetapi juga insentif setelah mengikuti Pelatihan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut Erny Tumundo kepada elnusanews.com, Selasa (10/3/2020).
    Karena itu, kata Tumundo, bagi yang berminat, bisa mendaftar ke Bidang Latpenta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut atau Balai Latihan Kerja (BLK) Bitung. Pendaftaran Tahap I ditutup pada tanggal 10 Maret 2020.
    Syarat-syaratnya antara lain fotokopi (Fc) KTP, Fc ijasah terakhir, dan Fc Kartu Keluarga.
    Untuk info lebih jelas, Disnakertrans Sulut menyiapkan nomor handphone di 085397540888 dan 085298252092.
    Dijelaskannya, kartu prakerja adalah program Pemerintah, dimana tahun 2020 disiapkan sebanyak 2 juta kartu prakerja, dan pelaksananya Kemenko Perekonomian yang menyiapkan 1,5 juta kartu prakerja dan pendaftaran dibuka secara online bagi seluruh masyarakat pencari kerja di Indonesia.
    Selanjutnya, 500 ribu kartu prakerja dikelola oleh Kemnakertrans yang dialokasikan untuk lima daerah destinasi wisata superprioritas, daerah yang kena dampak ekonomi akibat Virus Corona.
    “Ada 3 daerah, awalnya hanya Sulut, Bali dan Kepri tapi sekarang bertambah daerah Jakarta, Jabar dan Jatim,” bebernya.
    Lanjutnya, dalam tiga hari ini kami membuka dan ternyata banyak sekali calon tenaga kerja yang ingin mengakses kartu pra kerja.
    "Sampai senin kemarin sudah ada dua ribuan pencaker yang pendaftar," ujar Tumundo.
    Diketahui kartu prakerja ini digunakan untuk mendapatkan kesempatan pelatihan-pelatihan ketrampilan secara gratis baik di lembaga pemerintah maupun lembaga swasta.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sulut Pilot Project Kartu Prakerja, Tumundo: 2.000-an Pencaker Sudah Mendaftar Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top