• Berita Terbaru

    November 03, 2021

    elnusanews/com , November 03, 2021

    Sulut-Australia Jajal Peluang Kerjasama

     




    SULUT,Elnusanews - Konsul-Jenderal Robbins Australia di Makassar melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, Rabu (1/11/2021) di Kantor Gubernur Sulut.

    Pertemuan-pertemuan ini merupakan kesempatan untuk memperdalam kerjasama yang telah terjalin antara Sulawesi Utara dengan Australia, termasuk dalam isu-isu seperti air bersih dan sanitasi, pariwisata dan pertanian. 

    “Saya senang melakukan kunjungan resmi pertama saya ke Sulawesi Utara hari ini, untuk mempelajari lebih lanjut tentang hubungan yang erat antara Sulawesi Utara dan Australia,” kata Konsul-Jenderal Robbins.

    “Australia memiliki hubungan yang erat dengan Sulawesi Utara, termasuk dalam hubungan pendidikan, kolaborasi 

    penelitian, dan dukungan jangka panjang Australia terhadap keamanan kesehatan, stabilitas, dan pemulihan ekonomi provinsi. Kami berharap sistem pendidikan kejuruan kelas dunia Australia dan keahlian di bidang pariwisata, pertanian, dan perikanan dapat membantu pemulihan provinsi ini dari COVID-19.” 

    Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) dan program kerja sama ekonomi Katalis membuka jalan bagi kemitraan ekonomi lebih lanjut antara Australia dan Sulawesi Utara. 

    Pertemuan Konsul-Jenderal dengan tokoh pendidikan dan para alumni Australia akan menguatkan kembali komitmen Australia untuk menyediakan beasiswa internasional dan kursus singkat dalam berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pembangunan di Sulawesi Utara. 

    Konsul-Jenderal Robbins juga akan mengambil kesempatan untuk dapat mengunjungi program 'C-Surge' yang didanai Pemerintah Australia, yang membantu mengatasi kebutuhan yang tidak terpenuhi untuk layanan kesehatan seksual dan reproduksi akibat COVID-19.

    Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan pemerintah Australia akan memberikan banyak tawaran ke pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

    "Intinya memberikan banyak tawaran dan informasi tentang peluang-peluang di bidang perdagangan, budaya, pendidikan, antara indonesia dan Australia khususnya dengan Sulawesi Utara. Luar biasa karena ada beberapa hal menurut hemat saya sangat boleh membantu kita terutama di bidang pendidikan. Mereka menawarkan kerjasama di bidang pendidikan vokasi.

    Tentunya peluang ini akan kami segera tindaklanjuti dan jalin kerjasama dengan pemerintah Australia," tandas Wakil Gubernur Sulut itu.

    Turut mendampingi Wakil Gubernur Sulut, Plh Sekprov Sulut AG Kawatu, Ketua KADIN Sulut, Rio Dondokambey, Kepala Bappeda Sulut Jenny Karouw.

    (ROKER)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sulut-Australia Jajal Peluang Kerjasama Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top