• Berita Terbaru

    May 21, 2018

    elnusanews/com May 21, 2018

    Cegah Rabies, Dinas Peternakan MINSEL Lakukan Faksinasi di Desa Lelema

    MINSEL,Elnusanews - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Minahasa Selatan, kembali melanjutkan Faksinasi Rabies terhadap binatang peliharaan (Anjing) yang kali ini dilakukan di Desa Lelema.

    Faksinasi ini dilakukan untuk mencegah penularan rabies melalui gigitan anjing yang beberapa waktu lalu sempat tertunda dikarenakan kekurangan obat.

    Kabid Peternakan Ir. Nora Saroinsong, MSi menjelaskan, bahwa kekurangan stok obat rabies waktu lalu sempat menjadi kendala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Minahasa Selatan untuk melaksanakan Faksinasi dan baru bisa dilanjutkan hari ini Senin 21 Mei 2018, akunya.

    Dalam melakukan Faksinasi di Desa Lelema, menurut Saroinsong kurang lebih sekitar 300-400 anjing di beberapa jaga yang sudah di suntik dan sisanya masih terus dilanjutkan hingga semuanya tuntas yang petugas Faksinatornya turut dibantu tenaga sukarela.

    Ia pun berterima kasih kepada Hukum Tua Tirsa Tumober yang telah mengeluarkan surat pernyataan kesediaan masyarakat Desa Lelema untuk hewan peliharaan (Anjing) di Faksinasi serta turut mendukung Program Pemerintah CEP-FDW (Kabupaten Minahasa Selatan bebas Rabies), tuturnya.

    Terkait surat pernyataan yang dikeluarkan, Kumtua Lelema Tirsa Tumober, SE mengatakan langkah tersebut untuk melakukan pencegahan rabies terhadap masyarakat sekaligus pendataan terhadap setiap keluarga pemilik hewan (Anjing). Sebab beberapa waktu lalu telah terjadi I kasus gigitan anjing (positif rabies) terhadap pemiliknya (2 orang), ucap Tumober.

    Dirinya pun menyayangkan, dalam Faksinasi ini masih ada pemilik yang enggan memberikan hewan peliharaannya (Anjing) untuk di suntik. Padahal dengan melakukan Faksinasi hewan peliharaan akan terbebas dari penyakit rabies.

    Untuk itu bagi setiap keluarga/pemilik (Anjing) yang menolak untuk dilakukan Faksinasi, harus bertanggung jawab sebab akibat yang akan terjadi. Sembari berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Dinas Pertanian dan Peternakan) yang boleh turun langsung melakukan Faksinasi di Desa Lelema, ucapnya.

    Sementara untuk data kasus Gigitan anjing di Dinas Kesehatan dari Bulan Januari sampai dengan Mei 2018, meningkat sebanyak 170-an kasus (I Kasus positif rabies /Meninggal dunia) dibandingkan Tahun 2017 yang hanya 100-an.

    (Rela)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cegah Rabies, Dinas Peternakan MINSEL Lakukan Faksinasi di Desa Lelema Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top