• Berita Terbaru

    May 25, 2018

    Elnusa News , May 25, 2018

    Cegah Kanker Leher Rahim TP-PKK Kota Manado Gelar Metode IVA

    Manado, Elnusanews - Tim Penggerak TP- PKK kota Manado menggelar Gerakan Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA), dilaksanakan Jumat (25/5/2018) di Aula Kantor Camat Wanea.
    Kegiatan ini melibatkan BPJS kesehatan Kota Manado, Dinas Kesehatan Kota Manado, Puskesmas Teling dan Puskesmas Ranotana, Dinas P2KB Kota Manado serta para sponsor.

    Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua TP-PKK Kota Manado Imelda Bastiaan-Markus, SE mewakili Ketua TP-PKK kota Manado Prof. DR. Paula Lumentut-Runtuwene.

    "Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di semua Kecamatan yang ada di Kota Manado. Sampai dengan saat ini antusias dari ibu-ibu untuk memeriksakan diri cukup banyak, karena setiap tahunnya pasien berbeda-beda untuk melakukan pemeriksaan, karena sosialisasi lebih akurat dan cepat. Harapan kami buat ibu-ibu mari datang memeriksakan kesehatan agar bisa mengantisipasi Kanker serviks ini, karena Kanker rahim atau Kanker serviks merupakan penyakit yang memiliki jumlah kasus tertinggi kedua setelah Kanker Payudara. Penyakit ini memiliki peluang untuk disembuhkan asalkan kita harus  mengetahuinya dengan melakukan skrining atau deteksi dini, Karena lebih baik mencegah daripada mengobati" tandas Imelda istri tercinta Wakil Walikota Manado Mor D. Bastiaan, SE.
    Sementara itu menurut Ketua TP-PKK Kecamatan Wanea Livie Karundeng- Tangkelangi mengatakan, Kami dari pengurus Kecamatan Wanea dan Masyarakat tetap terus mendukung program dari TP-PKK Kota Manado lebih khusus pokja 4.

    "Kami akan terus menggerakan program ini kepada ibu-ibu yang ada di kecamatan Wanea untuk lebih berani dan mau melakukan pemeriksaan IVA test untuk mengetahui lebih dini kesehatan organ reproduksi bagi ibu-ibu, Karena kami berharap tentunya ibu-ibu dapat lebih mampu untuk mengetahui tentang apa bahaya dan apa efek dari Kanker Serviks tersebut, serta bagamana penaggulanganya" ujar Livie istri tercinta Camat Wanea Mario Karundeng.
    Dalam kesempatan itu turut hadir mewakili Pemerintah Kota Manado Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesra Micler Lakat, SH. MH yang menyampaikan Program ini merupakan program dari TP-PKK Kota Manado bekerja sama dengan Pemerintah Kota Manado.

    "Kami mengapresiasi setinggi- tingginya kepada TP-PKK Kota Manado yang sudah melaksanakan program ini, semoga dengan kegiatan ini diharapkan angka Kanker Serviks bisa dideteksi secara dini, sehingga faktor resiko bisa cepat di atasi
    dengan melakukan skrining test kanker leher rahim melalui pemeriksaan IVA yang dilakukan hari ini,” tandas Lakat.
    (moris).
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cegah Kanker Leher Rahim TP-PKK Kota Manado Gelar Metode IVA Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top