• Berita Terbaru

    May 25, 2018

    elnusanews/com , May 25, 2018

    Menkominfo RI Tinjau Proyek Palapa Ring, Gubernur Harap Dukungan Penuh Bupati/Walikota se Sulut

    SULUT,Elnusanews - Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Jumat (25/5) meninjau secara langsung proyek palapa ring paket tengah.
    Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Sekprov Edwin Silangen, turut mendampingi Menkominfo saat melakukan peninjauan pemasangan kabel bawah laut melalui kapal nusantara explore yang berlokasi di perairan desa tateli.
    Selesai meninjau Gubernur Olly menyatakan harapannya agar Proyek Palapa Ring Paket Tengah bisa mendapatkan sambutan baik dari pemerintah kabupaten dan kota yang menjadi bagian dari proyek. "Sehingga kerjasama pemerintah pusat dengan seluruh masyarakat yang menjadi target Kementerian Kominfo bisa berjalan dengan baik," harap Gubernur.
    Gubernur menyatakan warga di wilayah perbatasan sangat mengharapkan sekali mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat. "Khususnya Kementerian Kominfo sehingga kami bisa mengikuti perkembangan teknologi informatika yang sangat cepat,” ujar Gubernur. Gubernur juga berharap dengan adanya akses teknologi informatika yang lebih baik dapat mendorong sektor pariwisata.
    Sementara itu Menkominfo mengatakan dirinya melihat langsung proyek pembangunan palapa ring tengah sepanjang 1700 km di laut agar bisa cepat terlaksana dan selesai di akhir tahun 2018. Menkominfo menyampaikan terima kasih kepada Gubernur yang sangat mendukung pelaksanaan proyek ini, Menteri meminta fasilitasi Gubernur agar dapat mempercepat segala perijinan terkait proyek tersebut sehingga hasil proyek ini bisa dinikmati masyarakat Sulut.
    Diketahui palapa ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optic di seluruh Indonesia termasuk Sulut sepanjang 3.600 kilometer. Ini juga akan menjangkau 440 kabupaten/kota se-Indonesia.
    Pembangunan Palapa Ring yang menjadi tiga paket pekerjaan. Yaitu Palapa Ring barat, timur dan tengah di kabupaten/kota yang tidak layak secara ekonomi dan bukan merupakan area pembangunan komersil. Proyek Palapa Ring terbesar ini adalah di wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku hingga ke Kabupaten Sangihe dengan total panjang serat kabel optic sekira 2.995 kilometer. Ini akan menjangkau 27 kabupate/kota. Progres pembangunan Pala Ring tengah ini sudah mencapai 77,49% dan masuk tahap penggelaran kabel optic bawah laut Kabupaten Minahasa.

    (ROKER)
     
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menkominfo RI Tinjau Proyek Palapa Ring, Gubernur Harap Dukungan Penuh Bupati/Walikota se Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top