• Berita Terbaru

    May 25, 2018

    elnusanews/com , May 25, 2018

    Menkominfo Rudiantara: Sulut Nikmati Akses Broadband 2019

    SULUT,Elnusanews - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara optimistis semua konstruksi Palapa Ring Paket Tengah bisa diselesaikan pada September tahun ini sehingga mampu dioperasikan pada tahun depan.
    “Konstruksi Palapa Ring Paket Tengah ditargetkan selesai September 2018,” ujarnya saat ditemui di sela-sela buka puasa bersama Umat Muslim Manado di di Masjid Agung Awwal Fathul Mubien, Jumat (25/5/2018) sore.
    Lanjut Rudiantara, pembangunan Palapa Ring merupakan merupakan salah satu upaya Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam mewujudkan Nawacita ke-3.
    "Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," tandasnya.
    Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar) berupa pembangunan serat optik yang membentang ke seluruh Indonesia yang dibangun oleh Operator Telekomunikasi dan sebagian dibangun oleh Pemerintah Ada tiga paket pembangunan yang disebut "Proyek Palapa Ring". Ketiganya adalah Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.
    Adapun proyek Palapa Ring Paket Tengah akan menghubungkan 17 kota/kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara dengan panjang kabel mencapai 2.700 km.
    Jika Palapa Ring selesai, lanjut Rudiantara, semua kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan jaringan tulang punggung serat optik. Dengan demikian, layanan yang ada di Jawa dan daerah lain tidak memiliki gap yang besar.
    "Nantinya jaringan broadband telekomunikasi dapat menjangkau ke wilayah-wilayah tersebut," bebernya.
    Di tempat yang sama, Gubernur Olly Dondokambey menyatakan optimis dengan proyek Palapa Ring Paket Tengah nantinya masyarakat Sulut bakal menikmati kualitas jaringan internet yang lebih baik dengan adanya akses broadband.
    "Nantinya tidak ada lagi jaringan internet yang terputus. Sehingga semua masyarakat bisa menggunakan internet dengan optimal," katanya.
    Lanjut Gubernur Olly, kualitas jaringan internet yang optimal itu ditunjang dengan pemasangan kabel optik bawah laut. "Kabel optik Palapa Ring Paket Tengah di Sulawesi Utara dipasang mulai dari Mokupa, Siau hingga Melonguane dan daerah lainnya," bebernya. 

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menkominfo Rudiantara: Sulut Nikmati Akses Broadband 2019 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top