• Berita Terbaru

    May 22, 2018

    Elnusanews May 22, 2018

    Gelar Upacara Harkitnas, Wenny Lumentut Bacakan Pesan Pahlawan



    SULUT,Elnusanews - Pelaksanaan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) yang jatuh pada setiap tanggal 21 Mei dirayakan bangsa Indonesia dengan menggelar upacara. Tak ketinggalan di halaman kantor Pemprov Sulut dilaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke-110, dengan inspektur upacara Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E Kandouw, SE. Senin (21/5/2018) kemarin.

    Upacara berjalan hikmad, Wakil DPRD Sulut Wenny Lumentut, SE diberi kesempatan membacakan pesan pahlawan.

    “Pesan Pahlawan harus dimaknai sebagai komitmen segenap anak bangsa dalam mengisi kemerdekaan, dengan hal positif dan bermanfaat,” ucap Wenny yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sulut.

    Pada kesempatan itu pula kata Lumentut, Kebangkitan Nasional yang dicetuskan oleh para pejuang adalah wujud kecintaan atas NKRI, Pancasila, dan UUD 45.

    “Tanpa melihat perbedaan, melainkan satu untuk keutuhan NKRI,” lantang Lumentut.

    Adapun dalam pesan pahlawan itu mengutip pesan dari Presiden pertama RI, Ir.Soekarno yang begitu mengental di benak dan sanubari anak bangsa yaitu,
    “Berikan aku 2000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya dan berikan aku 20 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”Adapula pesan Bung Tomo yang berkata: “Jangan memperbanyak lawan tapi perbanyak kawan. Selama banteng-banteng Indonesia masih memiliki darah merah yang membikin secarik kain putih menjadi merah putih, maka selama itu kita tidak akan menyerah kepada siapun juga”. Pesan RA Kartini “Habis gelap terbitlah terang”, DR Sam Ratulangi dengan “Si tou timou tomou tou”, Wolter Monginsidi “Setia hingga akhir dalam keyakinan”, Nyi Ageng Serang “Untuk keamanan dan kesentosaan jiwa, kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang yang mendekatkan dirinya kepada Tuhan tidak akan terperosok hidupnya dan tidak takut menghadapi berbagai cobaan hidup”, Maria Walanda Maramis “Pertahankanlah Bangsamu”.


    Diketahui, usai upacara dengan seluruh rangkaian kegiatan, dilanjutkan tabur bunga ke makam sejumlah pahlawan seperti Mayjen (Purn) CJ Rantung, Gubernur Sulut periode 1985-1990 dan periode 1990-1995 serta pahlawan lainnya yang dipimpin Wagub Kandouw. (RaKa)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gelar Upacara Harkitnas, Wenny Lumentut Bacakan Pesan Pahlawan Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top