• Berita Terbaru

    May 31, 2018

    Elnusa News May 31, 2018

    Debat Publik Putaran Kedua Paslon Pilkada Minahasa 2018 Sukses Di Gelar

    MINAHASA, Elnusanews – Sukses pada putaran pertama medio Maret silam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, sesuai tahapan kembali melakukan Debat Publik putaran kedua, bagi pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minahasa periode 2018-2023, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa tahun 2018, bertempat di Mercure Convention Center Tateli Kecamatan Mandolang, Rabu (30/05/2018).
    Debat kali ini mengangkat tema “Sinergitas Perencanaan Pembangunan Minahasa Dalam Perspektif Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Upaya Memperkokoh NKRI (Konsepsi Sinergi Pembangunan, Kemajukan/ Prularisme Budaya dan Hubungan Antar Umat Beragama)”.
    Acara diawali dengan ucapan selamat datang oleh Komisioner KPU Minahasa Decky Paseki SH MH. Dimana dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Paslon nomor urut 1, Ivan SJ Sarundajang dan Careig Naichel Runtu SIP (Ivansa-CNR) serta keluarga dan para pendukungnya, dan Paslon nomor urut 2, Ir Royke Oktavianus Roring MSi dan Robby Dondokambey SSi (RR-RD) serta keluarga dan para pendukungnya.
    “Selamat datang kepada kita semua yang sudah hadir. Kiranya kita dapat mengikuti acara ini dengan baik, sehingga acara ini bisa berjalan aman dan lancar, sert berjalan sukses hingga berakhir acara,” tukas Paseki.

    Selanjutnya, Ketua KPU Minahasa Dra Wisye Wilar MSi dalam sambutannya mengajak untuk mensukseskan Pilkada Minahasa 2018. “Biarlah Debat ini berjalan aman dan lancar, ini tanda kita semua turut mensukseskan Pilkada Minahasa 2018, karena Debat merupakan bagian dari tahapan Pilkada,” kata Wilar.

    sai itu, acara kemudian langsung dilanjutkan dengan Debat Publik, mempresentasekan program-program dalam visi dan misi oleh kedua Paslon, yang terbagi dalam tujuh segmen, dengan Moderator Diane MA Kuntag, yang Presenter Kompas TV Manado, serta tiga Panelis pemberi pertanyaan masing-masing, mantan Ketua KPU Sulawesi Utara Livie Moddy Allow SSos MSi, yang juga Konsultan Komunikasi Politik Independen, kemudian Rektor Universitas Katolik De L Salle Manado juga Guru Besar Filsafat STF Seminari Pineleng Prof Dr Johanis Ohoitimur dan Dosen Institute Agama Islam Negeri Manado Dr Delmus Puneri Salim PhD.

    Pada segmen pertama, masing-masing Paslon, baik Ivansa-CNR maupun RR-RD menyampaikan visi dan misi mereka, sesuai dengan tema yang diangkat daam Debat kali ini. Di segmen kedua, masing-masing Paslon kemudian menjawab tiga pertanyaan yang sama dari para Panelis, yang ditaruh dalam toples untuk dicabut secara acak, dimana pertanyaan pertama dicabut oleh Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA dan dijawab kedua calon.

    Pertanyaan kedua di segmen kedua ini kemudian dicabut oleh Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama STh dan hanya dijawab Cabub. Kemudian pertanyaan ketiga dicabut Kapolres Minahasa AKBP Chris R Pusung SIK dan hanya dijawab Wabub, dimana masing-masing pertanyaan dijawab hanya dalam waktu maksimal dua menit.

    Segmen ketiga masing-masing Paslon menjawab pertanyaan yang sama soal isu faktual dari Panelis dan di segmen keempat, masing-masing Paslon, baik Bupati maupun Wakil, saling memberikan pertanyaan dan saling menanggapi serta mengklarifikasi. Di segmen kelima, tanya jawab hanya untuk sesama Calon Bupati dan pada segmen keenam masing-masing Calon Wakil Bupati saling memberikan pertanyaan, serta segmen ketujuh ‘closing statemen’.

    Usai Debat yang berlangsung seru dan santun serta tertib dan kondusif hingga akhir ini, diakhiri ucapan terima kasih oleh Komisioner KPU Minahasa Lord Arthur Malonda SPd. “Kami berterima kasih karena semua yang sudah hadir menyaksikan, baik Tim Sukses, para pendukung dan tamu undangan lainnya, telah menjadikan acara ini sukses, bahkan terima kasih karena acara ini boleh lebih baik dari sebelumnya. Kami berharap, di Debat ketiga akan lebih baik dan lebih sukses lagi,” ujar Malonda.

    Turut hadir dalam Debat ini, Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA dan jajaran pejabat Pemkab Minahasa, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Minahasa, Sekretaris KPU Minahasa Dr Meidy Malonda MPd, Panwas Minahasa, KPID Sulut, Perkumplan Pertuni dan tamu undangan lainnya.

    (Jonly bamz )
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Debat Publik Putaran Kedua Paslon Pilkada Minahasa 2018 Sukses Di Gelar Rating: 5 Reviewed By: Elnusa News
    Scroll to Top