• Berita Terbaru

    May 28, 2018

    Elnusanews May 28, 2018

    Sekretariat Deprov Sulut Sukses Gelar Bimtek


    JAKARTA,Elnusanews - Program Bimbingan Teknis (BIMTEK) DPRD Provinsi Sulut, sukses digelar, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat positif bagi para legislator yang telah ikut. Bimtek kali ini dilaksanakan di Hotel Harris Vertu Harmoni Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

    Menurut Sekretariat Dewan Bartolomeus Mononutu, SH, penyelenggaraan bimtek yang dilaksanakan pada tanggal 21- 25 mei 2018 ini dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kemampuan anggota dprd, agar nantinya semakin mendukung implementasi peran, hak, kewajiban, kewenangan, fungsi dan tugas anggota DPRD provinsi sulut.


    "Bimtek ini hasil kerja sama Setwan dengan Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Kemendagri dan Universitas Trisakti," ungkap Mononutu.

    Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan, Dammi Tendean SE sebagai panitia, mengatakan peserta bimtek ini diberi pemahaman tentang PP No 12 Tahun 2018 tentang tatib DPRD, peran dan fungsi DPRD dalam perencanaan pembangunan daerah sesuai permendagri 86 tahun 2017, UU No 7 tahun 2017 dari sisi implementasi politik dan hukum, pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemda, mekanisme pelaksanaan pinjaman daerah dan obligasi, serta mekanisme pelaksanaan hibah dan bansos.


    "Dalam pelaksanaannya, bimtek ini berlangsung sangat interaktif, dimana para anggota DPRD sangat antusias untuk bertanya kepada  dan berdiskusi dengab fasilitator terutama hal-hal prinsip yang terkait dengan isu-isu aktual yang berkembang saat ini di daerah," paparnya.


    Disisi lain, para legislator DPRD Sulut mengatakan 
    penting dan strategisnya bimtek ini, dan diharapkan bimtek ini dapat dilaksanakan 2 (dua) kali setahun, mengingat implementasi kebijakan dan isu penyelenggaraan pemda yang sangat dinamis, dan perlu kemampuan dan respons koordinasi dan pengawasan yg cepat oleh pimpinan dan anggota DPRD sebagai mitra pemda provinsi sulut.


    "Bimtek ini didukung oleh tim fasilitator yg berasal dari Pejabat Kemendagri dan Universitas Trisakti Jakarta, dan pesertanya terdiri dari Angg Dprd dan pejabat struktural Sekretariat Dprd Provinsi sulut," ujar salah satu legislator.

    Dari jumlah 43 anggota DPRD, yang hadir 28, tidak hadir 15 anggota. Ketidakhadiran anggota karena sebagian melaksanakan tugas luar negeri, kegiatan partai, kegiatan gereja, kegiatan mesjid/puasa dan ada pula yang sakit. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekretariat Deprov Sulut Sukses Gelar Bimtek Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top