• Berita Terbaru

    January 30, 2020

    elnusanews/com January 30, 2020

    AJI Manado Minta Media Kedepankan Jurnalisme Damai

    MANADO,Elnusanews - Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, Yinthze Lynvia Gunde meminta wartawan yang ada di Sulawesi Utara tetap mengacu Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam menjalankan tugasnya sebagai pewarta.

    Media diharapkan bisa menyajikan berita yang objektif dan berimbang. Imbauan ini dikeluarkan AJI menyusul peristiwa perusakan tempat ibadah di Minahasa Utara oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab, Kamis (30/01/2020).

    "Media diharapkan bisa menyajikan berita-berita yang menyejukkan dan tidak memanas-manasi. Jurnalis harus dan harus berpihak pada kebenaran," kata Lynvia, Kamis siang.

    Kata dia, media punya peran penting membentuk opini di masyarakat. Pemberitaan yang kurang objektif atau bahkan keliru justru bisa menjadi pemicu perpecahan.

    Media diharapkan bijaksana dan mampu menahan diri. Tidak menyajikan berita yang bombastis berisiko. 

    "Kita prihatin dan mengecam aksi-aksi intoleran sepihak. Kita percaya pemerintah dan aparat mampu bertindak tegas," kata Lynvia.

    Katanya, seyogyanya media mengusung jurnalisme damai dalam pemberitaan. Untuk bisa mewujudkan jurnalisme damai, media dan jurnalis wajib menjalankan cara-cara kerja profesional dalam reportase.

    Terkait peristiwa di Minut, AJI mengimbau jurnalis hendaknya  mengambil narsum lingkaran pertama; masyarakat setempat dari kedua pihak, pemerintah desa, dan aparat kepolisian. 

    "Harapan kita media mampu menjadi penyejuk, bukan sebaliknya menyulut perpecahan di masyarakat," kata dia. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: AJI Manado Minta Media Kedepankan Jurnalisme Damai Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top