• Berita Terbaru

    January 24, 2020

    elnusanews/com January 24, 2020

    Tetap Waspada! Debbie Kalalo Sebut Sulut Bebas Virus Corona

    Dinkes Sulut Saat Memberikan Keterangan Kepada Awak Media Terkait Virus Corona.
    SULUT,Elnusanews - Warga Sulut tak perlu merasa panik namun tetap waspada dengan adanya kejadian berjangkitnya penyakit infeksi paru menyerupai Pneumonia dengan penyebab virus corona strain baru yang terjadi pada awalnya di Provinsi Wuhan Republik Rakyat Tlongkok.

    Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr Debbie Kalalo mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar jangan panik.

    “Penyakit ini tingkat fatalitasnya (kematian) rendah. Dengarkan advice dari sumber terpercaya dan bila didapati adanya berita meresahkan segera menghubungi Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Kota. Kedua, masyarakat diimbau tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk, disertai kesulitan bernafas, segera mencari pertolongan ke pelayanan kesehatan IRS terdekat,” ungkap dr Debbie kepada awak media, Jumat (24/1/2020).

    Ketiga, adalah Health Advice, yakni dengan melakukan kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata; serta setelah memegang instalasi publik.

    “Juga mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan alkohol 70-80 peraen handrub. Kemudian, menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk. Dan keempat, ketika memiliki gejala gangguan saluran napas, gunakan masker dan berobat ke fasilitas Iayanan kesehatan,” sarannya.

    Dikatakannya, sampai hari ini belum ada laporan ataupun deteksi adanya kasus pneumonia berat dengan penyebab Virus Corona di Provinsi Sulawesi Utara.

    “Mengingat bahwa Provinsi Sulawesi Utara memiliki kerentanan terkait perkembangan penyakit ini, maka Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan stakeholder terkait telah mengupayakan Iangkah-Iangkah antisipatif,” ujarnya.

    Sebagaimana diketahui, kejadian berjangkitnya penyakit infeksi paru menyerupai Pneumonia dengan penyebab virus corona strain baru ten’adi pada awalnya di Provinsi Wuhan Republik Rakyat Tlongkok.

    Sampai tanggal 20 Januari 2020 dilaporkan ada 198 orang yang terinfeksi oleh penyakit ini. Sebagian besar ada di Provinsi Wuhan, terlapor adanya penyebaran ke Beijing. Otoritas Kesehatan di Jepang dan Thailand juga melaporkan adanya 3 kasus yang dicurigai, walaupun belum terkonfirmasi. Ada 3 kasus kematian akibat penyakit ini. Kasus kematian terjadi pada orang tua dan orang orang yang memiliki masalah kesehatan lainnya.

    Otoritas kesehatan di China berhipotesa bahwa penyakit ini terjangkit dari hewan liar yang dijual di pasar hewan ke manusia. Dilaporkan adanya transmisi (perjangkitan) dari manusia ke manusia walaupun dengan probabilitas yang sangat kecil.(ril)

    Langkah-langkah Antisipatif Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut:

    1. Membuat Surat Edaran kewaspadaan Pnemonia kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/kota dan Rumah Sakit baik pemerintah maupun swasta pada tanggal 8 Januari 2020;
    2. Membuat surat Surveilans Aktif RS dan Surveilans Pasif RS ke rumah sakit rumah sakit agar dapat pro-aktif melaporkan kejadian penyakit berpotensi KLB termasuk kejadian pneumonia pada tanggal 14 Januari 2020;
    3. Meningkatkan upaya pengamatan Penyakit menyerupai Influenza (Influenza like illnesses) di Puskesmas-puskesmas.
    4.Melakukan pemantauan pelaku perjalanan dari luar negeri di Pintu Masuk Negara di Bandara Sam Ratulangi Manado bekerja sama dengan KKP Kelas II Manado;dengan alat pemantau suhu (thermal Scanner).
    5.Melakukan Surveilans Aktif Rumah Sakit (SARS) ke rumah-rumah sakit di Manado dan kabupaten lainnya, untuk memonitor kejadian penyakit menular potensial KLB termasuk kejadian pneumonia;
    6. Melakukan Edukasi kepada masyarakat tentang cara-cara pencegahan dan pengendalian penyakit pneumonia.
    7. Menyiapkan logistik terkait upaya pencegahan penyakit pneumonia ini.

    Turut hadir johanes patari Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, handry Serang dari RSUP Prof Kandouw, Kabid Pencegahan Penyakit, Steven Dandel

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tetap Waspada! Debbie Kalalo Sebut Sulut Bebas Virus Corona Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top