• Berita Terbaru

    January 16, 2020

    elnusanews/com January 16, 2020

    Liputo Sesalkan Dana APBN 2019 Yang Dikucurkan Untuk Pembangunan Ring Road III dan Boulevard II Tak Terealisasi


    DEPROV,Elnusanews -- Langkah cepat Gubernur Olly Dondokambey dalam melobi dana APBN di pusat sepertinya tidak diimbangi oleh kerja cepat dari para SKPD yang ada di Lingkup pemprov Sulut. 

    Hal ini dikatakan legislator DPRD Sulut Hi. Amir Liputo SH, seusai Komisi III DPRD Sulut melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pemukiman Sarana dan Prasarana Wilayah (KIMPRASWIL) provinsi Sulut dan Balai Pelaksanan Jalan Nasional, Kamis (16/01/2020) sore.

    Menurut Liputo, hal ini bisa dilihat dari banyaknya dana APBN yang dikucurkan untuk Sulut, namun karena respon dari SKPD yang lambat akhirnya dana APBN tersebut tidak terpakai.

    "Contoh ring road III, ternyata kita masih mengalami kendala pembebasan lahan, sementara dana untuk fisik itu sudah turun. Nah oleh karena ketidakmampuan kita dalam menyerap anggaran tersebut otomatis dana fisik ini kembali ke pusat," kata Liputo saat diwawancarai oleh di ruang kerjanya.

    Demikian halnya juga dengan jembatan Boulevard II.

    "Begitu juga untuk jembatan Boulevard II,  terungkap tadi mereka (Red BPJN) siap tapi mereka menunggu pembebasan lahan. Kami sadar bahwa memang pembebasan lahan ini tidak mudah. Oleh sebab itu kami berharap dinas terkait yang diberikan tanggung jawab  untuk lebih kreatif dan bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten/Kota juga," jelasnya.

    Politisi PKS ini juga meminta kepada pemprov untuk lebih proaktiv lagi dalam mendekati para pemilik lahan yang akan dibebaskan agar supaya di mana proyek ini akan turun bisa direalisasikan.

    Dirinya juga menyayangkan adanya dana APBN yang dikucurkan untuk pembanguan di sulut, namun karena ketidaksiapan dan kegesitan dari instansi terkait akhirnya dana APBN yang merupakan hasil lobi dari gubernur Olly akhirnya mubazir.

    "Saya sayangkan begitu cepatnya pergerakan pak gubernur Olly dimana beliau sadar benar APBD kita sangat kecil hanya sekitar 4 triliyun,  maka berkat usaha lobi-lobi di tingkat pusat dengan kapasitas beliau bisa menghadirkan dana dana APBN ini jangan sampai tidak terpakai karena kendala-kendala yang tadi," tukasnya.

     Maka dari itu, dengan dilakukannya RDP tersebut dirinya mendorong dinas Perkim untuk segera melakukan pembebasan lahan.

    "Saya berharap RDP ini memberikan kita solusi dimana tadi kita sudah sepakat untuk ring road III Boulevard  II sampai bulan Maret kita awasi terus kita pantau terus kita akan bantu sepenuhnya, dan kami mendorong berbagai pihak terutama dinas perkim yang bertanggung jawab di pengadaan tanah untuk segera dapat melaksanakan, karena dari sisi anggaran tidak masalah semua tertata dan insya Allah mencukupi untuk pembebasan lahan tersebut," tandasnya. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Liputo Sesalkan Dana APBN 2019 Yang Dikucurkan Untuk Pembangunan Ring Road III dan Boulevard II Tak Terealisasi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top