• Berita Terbaru

    January 23, 2020

    elnusanews/com , January 23, 2020

    Sekprov Silangen Ajak POKJA PAAP Promosikan Area Perikanan

    SULUT,Elnusanews - Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, yang juga selaku ketua Kelompok Kerja (POKJA) Pengelolaan Akses Area Perikanan (PAAP) memimpin langsung rapat perdana POKJA PAAP bersama stakeholder terkat, tepat di ruang WOC kantor Gubernur Sulut, Kamis (23/1/2019).
    Dalam arahannya Sekprov Silangen mengajak kepada seluruh stakeholder yang masuk dalam Pokja PAAP di wilayah Sukawesi Utara (Sulut) untuk mendukung program operasi daerah selesaikan kemiskinan (ODSK) dibidang perikanan dan kelautan.

    "Program ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan. Dan ini merupakan tindaklanjut program ODSK dibidang perikanan dan kelautan. Target dan sasarannya adalah masyarakat nelayan berskala kecil yang ada di pesisir," katanya.

    Lanjutnya, ada 12 wilayah untuk tahap yang pertama masuk dalam program ini.

    "Kami akan melakukan survey di 12 wilayah dan program ini akan jalan disejumlah daerah di bumi nyiur melambai Sulut. Tujuannya yang pertama mengubah perilaku nelayan dalam mengelola perikanan berskala kecil agar bisa menjamin pendapatan nelayan itu sendiri dan menjamin kelestarian dari sumber daya alam di wilayah tersebut," ujarnya.

    Kata Silangen, Pokja ini akan merumuskan rencana aksi dan kemudian bisa diimplementasikan di 12 wilayah ini. "Dan kita akan keroyok bersama termasuk stakeholder yang masuk dalam Pokja PAAP. Satu tahun kemudian kita evaluasi, apakah ada peningkatan pertambahan nilai penghasilan kepada nelayan dan pelestarian sumber daya alam yang ada di sana. Mudah-mudahan setahun kemudian kita monitor kesana dan setiap bulan kita akan evaluasi," imbuhnya.

    Sembari menyebutkan kedepab program ini jika berhasil maka bukan tidak mungkin daerah Sulut menjadi destinasi komparasi untuk pengelolahan perikanan berskala kecil dari 34 provinsi se Indonesia.

    "Untuk itu saya berharap kepada anggota Pokja PAAP di daerah ini untuk mempromosikan area perikanan dalam rangka menopang program ODSK di sektor perikanan dan kelautan serta sektor pariwisata," tandasnya.

    Diketahui Pokja PAAP ini bekerjasama dengan lembaga RaRe yang bergerak dibidang perikanan berkelanjutan. Turut hadir Direktur Kebijakan RaRe Indonesia Arwandrija Rukma, Direktur Program, Hary Kusdarhanto, Senior Manager Implementasi Program, Katerina Tjandra, Konsultan Kebijakan, Nisa Widya, Kepala DKP Sulut, Tienneke Adam, Plt Karo Hukum, Flora Krisen, Kadis Koperasi Sulut Ronald Sorongan, Sekretaris DKP Sulut Christy Saruan, FKIP Unsrat, Dina PMD Sulut.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sekprov Silangen Ajak POKJA PAAP Promosikan Area Perikanan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top