• Berita Terbaru

    January 28, 2020

    elnusanews/com , January 28, 2020

    Gandeng Vena Energy, ODSK Kembangkan Energi Terbarukan Berkapasitas 21 MW

    SULUT,Elnusanews - PLTS Likupang adalah penyuplai listrik tenaga surya terbesar di Indonesia hasil kerja sama antara PT Perusahaaan Listrik Negara (PLN) dan Vena Energy. PLTS yang akan menghasilkan daya listrik sebesar 21 Mega Watt ini menjadi penyuplai listrik untuk Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, serta Gorontalo.
    "Saat ini kami telah menyuplai daya listrik kurang lebih 16 mega watt. Dan sudah tersebar ke wilayah Sulut melalui pihak PLN," kata Senior Site Engineer, Operation & Maintenance Vena Energy, Fery kepada media.

    Dijelaskannya, PLTS Likupang adalah yang pertama masuk di Sulut. “Ini yang pertama di Sulawesi Utara. Tapi untuk daerah lain kami sudah hadir. Bahkan, kami ada di beberapa negara seperti Filipina, Australia dan sejumlah negara di Asia.

    “Kami pun bangga dan berterima kasih bisa hadir di sini,” bebernya.

    Fery mengatakan pihaknya siap mengirim energi, seberapa pun permintaan PLN.

    “Kami ready, kapan saja,” katanya.

    Fery pun mengatakan pihaknya tak hanya mengelola tenaga surya. Namun, perusahaan yang telah beroperasi September 2019 ini bisa juga lewat angin. Kayak yang ada di Belanda menggunakan Kincir Angin.

    “Kami sudah buat di Jeneponto. Itu bisa juga dijadikan sebagai objek wisata. Untuk Sulut sendiri kami sudah melakukan  uji, bisa dipakai,” imbuhnya.

    Selasa (28/1/2020) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulawesi Utara mengunjungi PT Infrastruktur Terbarukan Lestari-Vena Energy Indonesia di Likupang.

    Perusahaan tersebut  merupakan perusahaan yang mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Likupang.

    Kunjungan ini dipimpin oleh Kepala DPM-PTSP Sulut Frangky Manumpil melalui Kepala Bidang Pengembangan Rolly Karamoy.

    Kunjungan ini diterima langsung oleh Senior Site Engineer, Operation & Maintenance Fery. Dan langsung menggelar diskusi terkait pembangunan proyek energi terbarukan.

    Saat itu pula pihak Dinas Penanaman Modal-PTSP menanyakan total investasi. Namun pihak perusahaan tersebut tak bisa memberikan informasi terkait hal itu.
    Kendati demikian, DPM-PTSP Sulut tidak dibuat kecewa. Sebab, pihak perusahaan sangat kooperatif memberitahukan perkembangan Vena Energy Indonesia.

    Sementara itu, Kepala DPM-PTPS Sulut Frangky Manumpil saat dikonfirmasi mengatakan ia siap memfasilitasi perusahaan untuk bisa memproyeksikan ke pihak lain yang ingin bekerja sama.

    “Semua proyek yang menunjang program Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Pak Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) akan selalu kami bantu. Kami tidak membuat pengurusan izin ribet atau lambat,” tuturnya.

    Diketahui DPM-PTSP Sulut ke PLTS Likupang untuk melihat secara langsung aktivitas perusahaan yang nantinya akan mendukung dan menunjang ketersediaan listrik untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang dalam rangka mendukung program OD-SK di sektor Pariwisata.

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gandeng Vena Energy, ODSK Kembangkan Energi Terbarukan Berkapasitas 21 MW Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top